Bupati Sidoarjo serahkan bantuan ratusan juta untuk masyarakat kurang mampu

oleh -

SIDOARJO: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyerahkan bantuan senilai Rp.130 juta terhadap ratusan penyandang Disabilitas dan masyarakat kurang mampu di Sidoarjo. Bantuan diserahkan langsung di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Sedikitnya, ada sekitar 210 orang masyarakat kurang mampu dan penyandang Disabilitas yang mendapatkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sidoarjo. Bantuan tersebut meliputi bantuan biaya hidup, pendidikan serta bantuan alat kesehatan dan bantuan Sembako.

“Ini bagian dari bentuk kepedulian pemerintah kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat kurang mampu maupun pemasang disabilitas,” jelas Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, Senin, 30 Desember 2019.

Diharapkan, kegiatan sosial seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya. Disamping itu, ia meminta agar BAZNAS bisa menambah jumlah bantuan yang diberikan kepada masyarakat Sidoarjo.

“Harapannya, bantuan ini bisa mengurangi beban hidup masyarakat kurang mampu maupun penyandang Disabilitas yang ada di Kabupaten Sidoarjo,” harapnya.

Wali Ketua III Badan Amil Zakat Nasional Sidoarjo, Ikhwanuddin mengungkapkan dari bantuan senilai Rp 130 juta, kurang lebih Rp.88 jutanya akan diberikan kepada fakir miskin. Bantuan itu diperuntukkan untuk biaya hidup, pengobatan maupun untuk biaya pendidikan.

Penyerahan Bantuan kepada para disabilitas Dan warga kurang mampu Oleh Bupati Sidoarjo, Saiful ilah

“Ini bukan bantuan permanen. Tapi sifatnya insidentil atau tidak tetao. Dan besarannya pun tidak sama,” kata Ilhamuddin.

Berbeda dengan bantuan permanen yang diberikan BAZNAS setiap bulannya selama setahun. Bantuan biaya hidup sebesar Rp.620 ribu bagi masing-masing dhuafa yang hidup sebatang kara.

“Ada juga bantuan kebakaran sebesar Rp.10 juta perbaikan rumah Rp.2,5 juta, dan bantuan bagi penyandang Disabilitas Rp.3 juta. Ada juga bantuan bagi penderita autis berupa paket sembako senilai Rp.7 juta,” tambahnya.

Tahun ini, lanjutnya, jumlah penerima bantuan BAZNAS mengalami peningkatan. Hal itu seiring meningkatnya dana zakat yang didapat BAZNAS Sidoarjo. Tahun 2018, dana zakat yang terkumpul selama setahun sebesar Rp. 2 milyar. Dan diakhir tahun 2019 ini Baznas Sidoarjo memperoleh dana zakat sebesar Rp. 2,7 milyar.(Noe)