Bupati Bondowoso Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2022 Mencapai 3 Persen

oleh -

BONDOWOSO: Pemerintah Kabupaten Bondowoso menargetkan pertumbuhan ekonomi pada Tahun 2022 mencapai 3 persen, hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bondowoso, Salwa Arifin saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Bondowoso Tahun 2022, di Pendopo Bupati setempat. Selasa (30/3)

Bupati Bondowoso, Salwa Arifin menjelaskan, saat ini pertumbuhan ekonomi Bondowoso masih minus, tetapi masih lebih baik dari pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur dan nasional. Jatim -2,39 persen dan nasional -2,07 persen. Pihaknya Optimis target tersebut dapat tercapai dengan kemandirian ekonomi menjadi misi Bupati. Yaitu terwujudnya Bondowoso mandiri ekonomi, lestari, sejahtera, adil dan terdepan dalam bingkai iman dan taqwa (Melesat).

“Misinya diantaranya membangun kemandirian ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat,” katanya.

Ia juga mempertimbangkan isu strategis regional hingga nasional dalam merencanakan pembangunan. Yaitu guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan bagi masyarakat. “Sehingga dengan program dan kegiatan yang akan dimusrembangkan, akan menjadi rujukan jitu dalam perencanaan penganggaran pada APBD 2022,”Imbuhnya.

Sementara Untuk Persoalan penduduk miskin di Bondowoso, Bupati menargetkan angkan penurunan sebesar 14 persen dari saat ini yang ada di angka 14,17 persen. Indek Pembangunan Manusia (IPM) ditargetkan meningkat jadi 67 persen.

“Target tersebut akan dilakukan dengan meningkatkan kwalitas pelayanan publik, meningkatkan keberadaan masyarakat hingga peningkatan pelayanan kesehatan. Diprediksikan belanja daerah 2022 mencapai Rp 2,1 triliun,”Pungkasnya. NOE