Bupati Bondowoso Buka Bursa Inovasi Desa Kluster II

oleh -

BONDOWOSO-Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin membuka bursa inovasi desa kluster II di Kantor Kecamatan Wringin, Kamis (15/8/2019). Bupati Salwa berharap Bursa Inovasi Desa (BID) tersebut menjadi pemicu tergalinya segala macam potensi desa.

Bupati Salwa menjelaskan, dengan kucuran Dana Desa (DD) harusnya desa makin kreatif dalam mengembangkan segala potensinya. Karena bantuan tersebut dikucurkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dana Desa sangat begitu banyak untuk pembangunan di Desa. Dan yang masuk ke Bondowoso sudah lebih dari 789 Milyar. Bahkan jumlah tersebut akan ditambah di tahun-tahun berikutnya” ungkap Bupati.

Sementara Ketua Tim Inovasi Desa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bondowoso, Abdurrahman, mengatakan bahwa BID bertujuan untuk mendekatkan berbagai inovasi kepada setiap desa agar pembangunan desa lebih efektif yang manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Dimana pada bursa tersebut masing-masing desa diharapkan saling meniru potensi desa yang ada, yang sekiranya mampu untuk dikembangkan.

“Kita harap seluruh desa bisa saling mereplikasi. Sehingga akan banyak potensi desa yang bisa dimunculkan yang tentu dampaknya bisa dirasakan masyarakat” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, Bupati Salwa meninjau pameran berbagai macam produk milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari masing-masing Desa. Mulai dari kerajinan tangan, kue olahan khas hingga promosi desa wisata dan usaha-usaha lain yang dijalankan oleh BUMDes.

BID cluster II beranggotakan 6 Kecamatan. Yakni Kecamatan Binakal, Curahdami, Pakem, Taman Krocok, Tegal Ampel dan Wringin.