Bupati Bojonegoro Harapkan Peran LMDH Untuk Dukung Program Pemerintah

oleh -

BOJONEGORO – LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) diharapkan mampu mengembangkan sesuatu yang produktif guna mendukung program – program pemerintah, baik pusat maupun Pemerintah Kabupaten.

Demikian yang disampaikan oleh Bupati Bojonegoro, DR. Hj. Anna Mu’awanah dalam acara Pembinaan LMDH KPH Bojonegoro, Padangan, Cepu, Jatirogo, Parengan, di Aula Taman Tirtawana Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Kamis (28/02/2019).

Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memiliki program penyertaan modal Ke BUMDes yang berbasis Agrowisata, dimana diharapkan LMDH bisa terlibat didalamnya. ” Di dalam perkoperasian diharapkan pula adanya Koperasi berbasis LMDH, karena hal tersebut masih belum ada, ” terang Anna Muawanah.

Selain itu, lanjut Bupati, LMDH juga dapat menyukseskan dan mendukung program pemerintah pusat seperti PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap), dimana hal tersebut bisa meningkatkan harga tanah, sehingga dapat mendorong perkembangan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Plt. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Faisol Ahmadi, SH, menyampaikan bahwa LMDH mempunyai peran penting di dalam masyarakat, untuk itu diperlukan adanya legal standing atau pengakuan secara hukum keberadaan lembaga tersebut di tengah-tengah masyarakat.

” Diharapkan nantinya LMDH dapat menjadi bagian dari kelembagaaan yang ada di pemerintah desa, yang kelembagaannya diatur dengan peraturan desa (Perdes). ” pungkasnya.

Editor : Rusmiyanto