Bupati Bersama Plt Disdik Sumenep Pantau Ujian Paket C

oleh -

SUMENEP – Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Mohamad Saedi memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pada kesempatan itu, mereka memantau pelaksanaan PKBM di Sekolah Al-Hikmah, Desa Ganding Kecamatan Ganding, dan PKBM Raudlatul Islam Desa Tarogan Kecamatan Lenteng.

Ditemui usai memantau, bupati yang menjabat selama dua periode itu mengaku angka kehadiran dari keikutsertaan para peserta ujian Paket C nyaris mencapai 100 persen dari pendaftar yang sudah terdata.

“Berdasarkan laporan angka kehadiran peserta cukup tinggi hingga mencapai 98 persen, jadi secara umum pelaksanaan ujian kejar paket C berjalan lancar baik penyelenggara PKBM wilayah daratan maupun kepulauan,” terangnya.

Dia berharap, para peserta UNBK Paket C ini bisa memanfaatkan pendidikan dengan sebaik-sebaiknya. Sehingga, kedepannya, dunia pendidikan di ujung timur pulau garam Madura ini akan mengalami peningkatan.

“Warga yang tidak mengikuti pendidikan SMA reguler tetap bersemangat menuntut ilmu di program kejar paket C dan saya sampaikan terima kasih kepada warga yang telah memanfaatkannya untuk peningkatan SDM,” tukasnya.

Sementara Plt Kepala Disdik Sumenep Mohamad Saedi mengaku program UNBK Paket C ini dilaksanakan di 43 Lembaga Penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dengan jumlah warga yang mengikuti mencapai 1.226 orang.

“Antusias masyarakat itu bisa karena apa-apa sekarang butuh ijazah. Bersaing untuk mendapatkan pekerjaan sangat sulit jika hanya berijazah SMA sederajat, setidaknya lulus D1, D3 hingga S1. Jadi masyarakat banyak yang ikut program ini,” terangnya.

Sementara, pelaksanaan ujian ini memakai komputerisasi sebagai media agar mampu meningkatkan SDM para peserta. “Hingga hari terakhir pelaksanaannya alhamdulillah berjalan lancar,” tandasnya.

Editor : Rusmiyanto