Bulog Pastikan Kualitas Bansos Beras PKH Baik

oleh -

JOMBANG: Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Surabaya Selatan memastikan kualitas bantuan beras yang akan diterima oleh 50.093 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) memenuhi kualifikasi. Hal tersebut diungkapkan saat peninjaun bersama yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang di Gudang Bulog Tunggorono 2 Jombang.

“Yang pertama kita akan lalukan reproses, kita lakukan sampai dengan mesin, dengan kalsoter, itu agar menjamin beras ya dihasilkan cukup baik dan diterima oleh KPM. Manakala terjadi ada hal-hal beras yang kurang layak diterima oleh KPM, itu tugas kami, kami akan mengganti beras yang sesuai ketentuan,” ujar Kepala Cabang Bulog Surabaya Selatan, Renatu Horison.

Renatu juga menjelaskan, dalam penyaluran program BSB ini, tugas Bulog hanya sebagai penyedia komoditi sampai di depan gudang. Ketika proses penyaluran sampai ke tangan KPM, menjadi tanggung jawab transporter.

“Namun kami akan jaga kualitas hingga beras tersebut hingga sampai dan bisa dinikmati para penerima manfaat,” tandasnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Sosial Dinas Sosial Jombang, Yulita Purwaningsih, menjelaskan, penyaluran bansos beras ini akan dimulai pada Bulan September ini. Sedangkan, jumlah penerima manfaat program BSB di Jombang sebanyak 50.093 keluarga penerima PKH (Program Keluarga Harapan).

Setiap KPM (Keluarga Peneroma Manfaat) akan menerima bantuan beras sebanyak 15 kilogram selama 3 kali penyaluran dalam waktu tiga bulan. Sehingga total beras yang akan disalurkan selama tiga bulan itu sebanyak 2.254.185 kilogram.

Yulita menjelaskan, teknis penyuran bantuan beras ini dimulai dari Bulog yang ditunjuk Pemerintah sebagai penyedia komoditinya. Selanjutnya, beras akan disalurkan oleh transporter penyalur menuju desa atau ketua kelompok KPM.

“Sesuai juknis, transporter bawa beras ke Bulog, Bulog jaga kualitasnya dan akan disalurkan kembali oleh transporter,” pungkasnya. NOE