Bulog Jamin Stok Beras Aman, Hadapi Kemarau Panjang hingga Maret 2020

oleh -

JOMBANG-Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menjamin ketersediaan stok beras nasional aman hingga maret 2020 mendatang. Hal tersebut juga guna mengantisipasi jelang musim kemarau panjang serta jatah pendistribusian untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Musim kemarau panjang informasi dari BMKG, Kita mengantisipasinya dengan menyiapkan stock beras sebanyak mungkin,”Ujar Direktur Utama Perum Bulog, Komisaris Jenderal Pol (Purn) Budi Waseso saat kunjungan kerja ke Kecamatan Peterongan, Jombang Jawa Timur. Kamis 8 Agustus 2019.

Ia menambahkan, Jika terjadi kemarau panjang dan tidak ada panen didaerah lumbung padi maka saat ini pihaknya akan melakukan penyerapan besar-besaran dari tingkat petani.

“Prediksi awal kemarau akan terjadi hingga desember dan stock beras saat ini masih aman,” lanjutnya.

Selain itu menurut Buwas tidak hanya cukup untuk jika kemarau sampai bulan desember, namun juga cukup untuk memenuhi kebutuhan BPNT yang ada di Indonesia.

“Jika musim kemarau dan tidak ada panen padi, maka stock beras bulog masih dinyatakan aman untuk memenuhi kebutuhan, bahkan jika untuk melayani BPNT,” imbuhnya.

Perhitungan tersebut menurut buwas, saat ini stock beras bulog yakni stock beras bulog saat ini ada dengan total 2,5 juta ton beras dan kebutuhan BPNT hingga Desember adalah 700 ribu ton.

“Hitungan kita jika dikurangi bpnt hingga desember maka akan tersisa 1,8 juta ton dan untuk Januari hingga maret taruhlah 500 ribu ton masih sisa 1,3 juta ton dan masih aman,” pungkasnya.