BSPN Jember Layangkan Pernyataan Sikap ke KPUD Jember

oleh -
BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDI-P (foto : Agung/Kabarjatim)
BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDI-P (foto : Agung/Kabarjatim)

JEMBER-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jember terima surat pernyataan sikap dari BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDI-P Kabupaten Jember, Senin (16/7/2018). Surat itu berisi saran, kritik, serta masukan atas penyelengaraan Pilkada kemarin, 27 Juni 2018.

BSPN Jember beranggapan, bahwa pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur kemarin itu terdapat banyak temuan pelanggaran. Dan KPUD Jember musti melakukan evaluasi atas itu.

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPUD Jember, M. Rohan menceritakan, tadinya pihaknya tidak mengira kalau kedatangan orang dari Partai PDI-P itu untuk melayakan surat pernyataan sikap kepada KPU.

“Ini akan menjadi catatan serta bahan evaluasi bagi KPU Jember. Evaluasi terkait masih banyaknya daftar pemilih tambahan yang mencapai 13 ribu,” ungkap M. Rohan.

Lanjut Rohan, pihaknya juga diminta untuk mengakomodir kembali adanya pemilih ganda, serta adanya potensi 30.000 jiwa pemilih yang tidak masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap).

“Masukan yang sampaikan kepada KPU Jember akan diterima dan ini menjadi salah satu evalusai agar DPS bisa lebih maksimal serta lebih akurat,” tegsnya.

Selain itu, M. Rohan menambahkan, bahwa DPS (Daftar Pemilih Sementara) hasil perubahan akan disertakan nanti pada tanggal 22 Juli 2018 mendatang. @VIN