BPN Sidoarjo Bagikan 616 Sertifikat Tanah Program PTSL di Desa Jatikalang

oleh -

SIDOARJO – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo kembali menyerahkan sertifikat 616 bidang tanah milik warga Desa Jatikalang, Kecamatan Prambon, Kamis (20/02/2018).

Penyerahan sertifikat ini merupakan hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Program Nasional Agraria (Prona) Tahun 2018. Tak ayal, ratusan sertifikat yang diserahkan di Kantor Balai Desa Jatikalang itu menyebabkan antusias warga berbondong-bondong membawa surat panggilan untuk mengambil sertifikat miliknya

“Ratusan sertifikat yang diserahkan BPN Sidoarjo ke warga ini hasil pengajuan PTSL Tahun 2018. Sebelumnya, desa Jatikalang mengajukan sebanyak 1.430 bidang tanah. Tahap pertama kita bagikan 616 sertifikat, sisanya masih dalam proses penyelesaian,” kata Hari Sanjoyo Ketua Satgas Yuridis BPN Sidoarjo saat diwawancarai disela-sela pembagian sertifikat.

Hari menambahkan, dengan adanya program PTSL ini pihaknya berharap tidak ada lagi sengketa tanah. Selain itu warga bisa memanfaatkan sertifikat tersebut untuk berwira usaha bagi yang tidak memiliki modal usaha.

“Dengan adanya program PTSL ini, kedepan kita berharapa tidak ada lagi sengketa tanah, dan juga bisa memanfaatkan sertifikat miliknya untuk berwira usaha. Karena banyak potensi warga berwirausaha terkendala dengan modal,” imbuh pria yang murah senyum itu.

Sementara Sekdes Jatikalang , Aris Dwi Herdianto mengatakan warga sangat senang dan terbantu dengan adanya program PTSL ini, selain biayanya sangat murah prosesnya juga cepat.

“Alhamdulillah warga kami sangat senang dengan program PTSL ini, disamping murah, prosesnya juga cepat. Karena kalau mengurus sendiri disampiang biayanya mahal, proses jadinya juga agak lama,” pungkas pria yang juga pengusaha garam itu.

Editor : Nurul Arifin