BPBD Jombang Perpanjang Masa siaga Bencana

oleh -

JOMBANG: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, memperpanjang masa siaga bencana alam diwilayah setempat. Masa siaga bencana yang sebelumnya berakir pada bulan februari 2020, diperpanjang hingga bulan maret 2020.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi menuturkan, alasan memperpanjang masa siaga bencana yakni, belum stabilnya kondisi cuaca di Kabupaten Jombang.

“Berdasarkan perkembangan laporan Cuaca dari BMKG, untuk wilayah kabupaten Jombang, masih diperkirakan akan terjadi hujan lebat, selama beberapa waktu kedepan sehingga dapat dimungkinkan masih terjadi bencana,”Ujarnya saat ditemui di kantornya. Senin 2 Maret 2020.

Antisipasi siaga bencana tersebut mulai dari antisipasi bencana banjir longsor hingga angin putting beliung yang terjadi saat musim penghujan di Kabupaten Jombang.

“Wilayah rawan untuk daerah banjir tetap sama yakni di Kecamatan Mojoagung, Kesamben, Mojowarno dan tembelang. Sedangkan untuk wilayah rawan Longsor, yakni di Wilayah pegununungan terutama di Kecamatan Wonosalam,”Imbuhnya.

Selain melakukan pemetaan wilayah siaga bencana Gunadi menjelaskan pihaknya juga bekerjasama dengan para kepala desa yang wilayahnya masuk dalam zona rawan bencana. Hal ini dilakukan guna memudahkan untuk mengambil tindakan ketika bencana terjadi.

“Kita sudah kantongi nomor telepon masing-masing kepala desa sehingga jika memang terjadi bencana dapat segera dilakukan pertolongan pertama serta Tindakan antisipasi,”Pungkasnya.

NOE