BPBD Jombang: Kecamatan Kesamben, Masih Siaga Banjir

oleh -

JOMBANG: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang menghimbau warga Kecamatan Kesamben, masih dalam status siaga bencana banjir. Hal ini dikarenakan masih tingginya curah hujan dikawasan hulu anak sungai Ring Otok.

“Untuk wilayah kecamatan kesamben masih dimungkinkan terjadi banjir, mengingat masih tingginya curah hujan,”Ujar Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi saat ditemui di Kantornya. Senin 2 Maret 2020.

Selain melakukan himbauan, Gunadi menambahkan pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) untuk memantau aliran sungai Sipon sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Timur, untuk membersihkan jika ada sumbatan yang menghambat aliran sungai karena akan berimbas ke wilayah Kesamben.

“Jika memang terjadi sumbatan, maka langsung kita bersihkan, selain itu kita juga berkoordinasi dengan para perangkat desa kesamben untuk selalu siaga bencana banjir jika di wilayah Megaluh dan sekitarnya banjir, maka harus siap menerima limpahan air,”Tegasnya.

Masih menurut, Gunadi, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Kabupaten Mojokerto, mengingat wilayah Kecamatan Kesamben merupakan wilayah perbatasan, sehingga penanganan bencana banjir harus dikoordinasikan sehingga banjir dapat cepat surut.

“Sungai sipon melintasi dua wilayah, yakni di Kabupaten Jombang dan Mojokerto, sehingga untuk memperlancar arus sungai harus koordinasi dengan Kabupaten Mojokerto,”Pungkasnya.

NOE