BPBD Jombang Evakuasi Sarang Lebah Di Pekarangan Warga

oleh -

Jombang: Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, melakukan evakuasi sarang lebah yang berada di pekarangan warga di Jalan Kemuning, Kota Jombang, Kamis 21/11/19.

Evakuasi tersebut dilakukan oleh petugas BPBD dengan mengerahkan satu unit mobil PMK. Lantaran adanya laporan dari warga yang merasa terancam dengan sarang berpenghuni ribuan tawon.

Cik Mui (80), pemilik pekarangan mengatakan, dirinya mengetahui jika di ranting pohon mangga miliknya terdapat sarang lebah dari laporan tetangganya yang menjadi korban sengatan.

“Ada tetangga yang melapor katanya disengat lebah dari pohon mangga ini. Setelah saya lihat, ternyata sarangnya besar. Kemudian saya melapor ke petugas,” ucapnya.

Petugas BPBD yang datang ke lokasi nampak cukup berhati-hati saat mengevakuasi sarang lebah yang ukurannya sudah sebesar kepada sapi ini. Selain memakai sejumlah peralatan keamanan dan pelindung, petugas juga menyemprot sarang tersebut dengan obat serangga dan insektisida.

Proses evakuasi berjalan cukup lama, sebab jumlah tawon yang mencapai ribuan nampak mulai terusik dan satu per satu keluar dari sarangnya. Setelah dirasa aman, barulah petugas memotong satu per satu ranting yang menghalangi proses tersebut.

“Banyaknya cabang dan ranting pohon mangga yang menjadi kendala kami. Makanya tadi pakai insektisida untuk melupuhkan tawonnya dulu,” terang Saeroji, petugas BPBD.

Selanjutnya, sarang lebah tersebut diambil dan dimasukkan kedalam karung plastik untuk dimusnahkan di tempat yang aman dan jauh dari pemukiman penduduk.(Noe)