BPBD Jombang Diterjunkan Cari Korban Tenggelam di Jember

oleh -

JOMBANG – Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, diterjunkan dalam pencarian warga Jombang yang hilang terseret ombak di Pantai Payangan, Ambulu, Kabupaten Jember, Senin (11/02/2019).

BPBD Jombang memberangkatkan 6 orang anggotanya guna membantu mencari korban bernama Moh. Hasan (23), guru BP SMKN 3 Jombang, yang menjadi salah satu korban tenggelam yang tubuhnya sampai kini masih belum diketemukan.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi mengatakan, mengirim anggotanya ke Jember dalam rangka membantu pencarian warga Jombang yang masih hilang.  “Kami mengirim anggota ke sana karena yang hilang adalah warga Jombang, dan kami juga dimintai bantuan dari pihak Basarnas Jember,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (11/02/2019).

Ia menambahkan, sebelumnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Jember agar dilibatkan dalam pencarian tersebut. Setelah dapat izin dari Pemkab Jember, pihaknya segera memberangkatkan anggota dengan peralatan menyelam.

“Yang diminta adalah anggota yang sudah mempunyai sertifikasi, lah anggota kami yang sudah punya sertifikasi ada 7, namun kami hanya memberangkatkan 6 orang. Anggota kami akan berada di sana selama 3 hari, tetapi jika korban masih belum ditemukan maka pencarian akan dilanjutkan selama 7 hari sesuai dengan SOP Basarnas,” ulasnya.

Anggota BPBD diberangkatkan sekira pukul 01:00 WIB dini hari tadi, dan tiba di pantai Payangan sekitar pukul 10:00 WIB, dengan membawa alat perlengkapan menyelam dan satu perahu karet.

Ketika tiba di sana anggota langsung melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet sesuai komando Basarnas. Hingga pencarian hari kedua dilaksanakan tubuh korban belum bisa diketemukan.

Dalam musibah ini jenazah Yudha Mahardika dan Zakiyah (30) sudah ditemukan. Sementara satu orang masih dinyatakan hilang dan belum diketemukan yaitu Moh. Hasan (23). Mereka tenggelam saat bermain air di Pantai Payangan, Ambulu, Kabupaten Jember, pada Minggu (10/02), sekitar pukul 14:30 WIB. Saat itu korban sedang ikuti rombongan rekreasi guru – guru BP se-Kabupaten Jombang.

Editor : Ahmad Saefullah