Beredar Video Petugas Satlantas Polres Sumenep Saat Menilang Dianggap “Sembunyi-sembunyi”

oleh -

SUMENEP-Sebuah video berdurasi 22 detik sedang viral di media sosial pesan WhatsAp (WA). Video tersebut direkam oleh salah satu pemuda pada saat dirinya sedang ditilang oleh pihak Satlantas Polres Sumenep.

Dalam video tersebut, pemuda yang belum diketahui identitasnya itu mengkritisi pihak Satlantas Polres Sumenep karena diduga melakukan operasi penilangan dengan ‘sembunyi-sembunyi’.

Selain itu, dari video tersebut juga tampak jelas seorang pemuda yang mengkritisi Satlantas Polres Sumenep memakai kemeja warna putih dengan kombinasi hitam, kemudian memakai celana jeans warna dongker.

Sementara disampingnya terlihat ada motor warna putih bertuliskan Polisi. Ada juga petugas berpakaian polisi dengan rompi hijau, yang seakan khusyuk menulis diatas kertas.
Pemuda itu seakan sangat kesal pada Satlantas yang menilang motornya. Kemudian dalam ungkapan kekesalan yang dia sampaikan seperti dikutip media Kabarjatim.com dari video tersebut, isinya begini:
Ini salah satu petugas Satlantas Polres Sumenep yang menilang dengan sembunyi-sembunyi. Padahal ini bukan contoh penegakan hukum yang benar. Tidak boleh sembunyi-sembunyi seperti ini. Harusnya kalau berjaga di perempatan sana. Bukan sembunyi-sembunyi dibelakang mobil sini. Ini bukan main kucing-kucingan,”.

Hanya saja, pemilik dan pemuda yang ada di video tersebut tidak diketahui. Namun, video tersebut sudah beredar luas. Belakangan, video tersebut juga dibagikan ke grup WhatsAp Mitra Humas – 1, yang merupakan grup Humas Polres Sumenep.

Media ini kemudian melakukan konfirmasi ke pihak Kepala Satlantas Polres Sumenep, Ajun Komisaris Polisi Deddy Eka Aprianto, melalui sambungan telponnya membenarkan jika anggotanya melakukan tindakan tilang pada pengendara sepeda motor tersebut.

Deddy mengklaim, penilangan tersebut tidak dilakukan dengan sembunyi-sembunyi. Hanya saja penilangan tersebut masuk ke tindakan kasat mata. “Itu penilangan kasat mata, jadi tindakan itu dilakukan karena sudah tertangkap tangan melakukan pelanggaran,” bebernya.

Adapun pelanggaran yang dilakukan pengendara tersebut kata Deddy, si pembonceng tidak memakai helm. Hal itu membahayakan keselamatan. “Jadi kami pasti tilang. Sudah jelas-jelas melanggar,” tandasnya.

Editor : Nurul Arifin