Beredar Kabar Tunjangan Profesi Guru 2018 di Kemenag Sumenep Hangus

oleh -
Kantor Kemenag Sumenep (musfiq/kabarjatim)
Kantor Kemenag Sumenep (musfiq/kabarjatim)

SUMENEP– Tersiar kabar tunjangan Profesi Guru (TPG) tahun 2018 dibawah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Jawa Timur, hangus.

Dari hasil penelusuran media ini, anggaran untuk TPG tersebut diberikan perbulan senilai Rp1.500.000. Sementara yang belum terbayar yakni sejak bulan Oktober hingga Desember 2018.

Salah satu guru di Kecamatan Guluk-guluk mengaku kecewa apabila tunjangan tersebut benar-benar hangus. Sebab, tunjangan tersebut bagian dari menghidupi keluarga.

“Kami tidak tau apa kendala yang terjadi, yang kami tau TPG tiga bulan terakhir belum cair,” kata Syafii, salah satu penerima TPG, Rabu (30/1/2019).

Selain itu, Syafii juga mengaku bahwa pihak Kemenag pernah berjanji akan melakukan pencairan terhadap para guru di akhir Januari ini. Namun setelah lama ditunggu, tunjungan tersebut tak juga diterima.

“Kalau misalkan TPG ini terhutang maka nanti pasti dibayar juga, tapi informasi terbaru ternyata hangus, jadi kami pasti akan bertindak,” terangnya.

Jika misalkan tunjangan tersebut tidak terbayarkan, pihaknya beserta seluruh guru yang menerima TPG ini mengancam akan melakukan aksi ke kantor Kemenag Sumenep. Hal itu dilakukan tak lain untuk mempertanyakan kisruh soal hangusnya TPG tersebut.

“Rencananya hari ini kami akan melakukan aksi, cuma karena masih bulan Januari jadi siapa tau masih ada iktikad baik dari Kemenag. Dan kalau tidak dicairkan juga, maka kami akan melakukan aksi,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Sumenep, Mohamad Tawil mengaku belum bisa memberikan keterangan secara pasti terkait TPG tersebut apakah bersifat hangus atau terhutang. Sebab saat ini dirinya sedang mengikuti acara di Surabaya. “Masih di Surabaya, masih mengikuti acara,” tandasnya, saat dihubungi melalui sambungan telpon.

 

Editor : Nurul Arifin