Berdesain Khusus, Jembatan Banyumas hanya Ada Dua di Indonesia

oleh -

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin telah meresmikan jembatan Banyumas, Selasa (29/1/2019) malam. Jembatan ini memiliki desain khusus dan hanya ada dua di Indonesia, yakni di Kalimantan Timur dan Bondowoso.

Jembatan yang terletak antara Kecamatan Prajekan dan kecamatan Cerme ini juga menghubungkan Kabupaten Bondowoso dan Situbondo.

Jembatan yang didesain oleh putra Bondowoso ini memiliki bentang 41 meter dan lebar 9 meter. Jembatan tersebut juga memiliki tiang-tiang penyangga di sisi sebelah kanan dan kiri dengan dihiasi lampu warna warni.

“Saya sangat kagum dengan karya anak Bondowoso, selain desainnya yang begitu memukau juga bentuk jembatannya yang begitu unik, tidak salah kalau jembatan seperti ini hanya ada dua di Indonesia, yaitu di Kalimantan Timur dan di Bondowoso,” ujar Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin.

Karna Suswandi, Kepala Dinas PUPR Bondowoso, dalam laporannya menerangkan, pembangunan jalan dan jembatan untuk menunjang sarana transportasi nasional guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus meningkatakan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pembangunan ini mutlak diperlukan, untuk memberikan keseimbangan dan pemerataan pembangunan.

“Dinas PUPR mendorong apa yang menjadi prioritas Bupati dan Wakil Bupati dalam pembangunan infrastruktur yang dipusatkan di daerah pusat-pusat pariwisata dan ekonomi masyarakat. Agar masyarakat lebih cepat meningkat kesejahteraannya,” ujarnya.

Ia menyebutkan pembangunan jembatan Banyumas menghabiskan anggaran hingga Rp14,6 miliar.

Pantauan Kabarjatim.com di lapangan, peresmian jembatan berlangsung meriah. Pemotongan untaian melati, penekanan tombol jembatan, serta pemotongan tumpeng semakin semarak dengan diwarnai pesta kembang api dengan durasi sekitar 20 menit.

Masyarakat sekitar pun tampak antusias. Terbukti, dua jam sebelum acara dimulai masyarakat telah berkumpul di sekitar jembatan untuk menyaksikan momen langka tersebut.

Editor : Ahmad Saefullah