Belanjakan Uang Palsu, Polsek Krian Tangkap Pemuda Asal Kediri

oleh -

SIDOARJO – Agung Tri Saputro (19), pemuda asal Desa Kayen, Kabupaten Kediri, diciduk Unit Reskrim Polsek Krian. Ia diamankan polisi lantaran belanja menggunakan uang palsu.

Mulanya modus tersangka kenal dengan korban SH, penjual topeng, melalui media sosial Facebook. Lalu bertemu di Krian untuk melakukan transaksi penjualan topeng barongan yang dimiliki oleh korban seharga Rp2.850.00 dengan menggunakan uang palsu.

“Tersangka membayar dengan uang pecahan Rp100 ribu kepada SH dengan mengunakan uang palsu, hal ini diketahui korban kerena warna agak pudar,” kata Kompol M. Kholil Kapolsek Krian, kepada wartawan, Jumat (11/1/2019).

Kompol Kholil menambahkan, setelah mengetahui mendapatkan uang palsu dari pelaku, kemudian korban melapor ke polisi. Mendapat laporan dari korban, petugas langsung mengamankan tersangka. “Kita mengamankan tersangka di lokasi SPBU di wilayah Krian,” ucapnya.

Masih menurut Kholil, dari pengakuan tersangka, ia mendapat pecahan uang palsu Rp100 ribu dengan cara membelinya dari NR, warga Subang, Jawa Barat, melalui platform jual beli online, dengan menukar uang asli Rp1 Juta mendapatkan uang palsu Rp 4 juta.

“Tersangka mendapatkan uang dari media Shopee. Atas perbuatannya ia disangkakan pasal 36 ayat (2) dan (3) UU Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang,” katanya.

Editor: Ahmad Saefullah