Bawaslu Ajak Peran Serta Mahasiswa Dalam Pengawasan Pemilu 2019

oleh -
Mahasiswa Stikes ICME Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Yang Diadakan Bawaslu (Aan/kabarjatim)
Mahasiswa Stikes ICME Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Yang Diadakan Bawaslu (Aan/kabarjatim)

JOMBANG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jombang, mengajak peran serta mahasiswa dalam mengawasi jalannya proses demokrasi pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang akan datang.

Bertempat di gedung pertemuan Stikes ICME, Jln Kemuning, Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Acara yang mengusung tema “Peran Mahasiswa dan Civitas Akademika Dalam Pengawasan Pemilu 2019”, dihadiri ratusan mahasiswa dari kampus tersebut.

Para mahasiswa yang hadir dibekali dengan pengetahuan seputar kepemiluan dan pengawasan pemilu oleh pihak Bawaslu Kabupaten Jombang, pada Selasa (27/11/18) siang.

Ahmad Udi Masjkur, Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang menuturkan, bahwa pengawasan pemilu bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan oleh pemilih pemula sekalipun.

“Makanya kami ajak peran aktif mahasiswa, sebab mereka – mereka biasa dikategorikan sebagai pemilih pemula” ucapnya pada media.

Ia menambahkan, pengawasan pemilu bisa dilakukan dimanapun termasuk pada lingkup terkecil seperti pada keluarga.

“Kami berharap ada input pengawasan secara partisipatif dari para pemilih pemula ini. Dan yang terpenting adanya fungsi pencegahan praktek politik uang pada tahapan masa tenang” imbuhnya.

Untuk proses pelaporan, ia mengatakan, selain pelaporan bisa melalui pengawas pemilu terdekat yang ada di tiap – tiap TPS. Atau bisa juga melaporkan adanya pelanggaran pemilu melalui sistem aplikasi online yang sudah disiapkan Bawaslu, yakni bisa akses di apilkasi go waslu.