Batik On The Sea di Pantai Slopeng Sumenep Berlangsung Meriah

oleh -

SUMENEP-Program Batik On The Sea dalam event Visit Sumenep 2019 berlangsung meriah. Masyarakat sangat antusias menyaksikan pagelaran yang digelar di pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep.

Pantauan media ini, Festival Batik On The Sea sangat meriah. Sebab, pengunjung tidak hanya menyaksikan pameran batik, namun pengunjung dapat menyaksikan lomba fotografi, parade layang-layang 3 dimensi, serta fashion batik kompetisi.

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim mengatakan, Batik On The Sea 2019 merupakan festival yang ke dua kalinya dilaksanalam di Sumenep, setelah tahun sebelumnya dilaksanalam di Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang.

“Jadi festival Batik On The Sea tidak hanya batik saja, tapi sekarang juga sudah ada parade layang-layang,” katanya dalam sambutan.

Bupati yang berlatar PKB itu juga menyebut setidaknya ada 46 industri batik di kabupaten berlambang kuda terbang. Kesemuanya, kata dia memiliki ciri khas yang berbeda.

Pihaknya meminta agar budaya batik yang selama ini menjadi kebanggaan masyarakat Madura, termasuk Sumenep itu dipertahankan.

“Mulai dari dulu batik menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Hingga saat ini sudah banyak industri batik mulai dari yang kecil hingga memproduksi dalam skala besar,” jelasnya.

Tak lupa, karena batik merupakan budaya masyarakat Sumenep, akan dijadikan batik sebagai seragam bagi ASN maupun sekolah. Hal itu untuk menjaga nilai budaya dan meningkatkan kreasi pembatik.

“Setiap hari Selasa semua ASN diwajibkan mengenakan batik. Ini karena kami berkeyakinan batik Sumenep harus bisa dicintai disemua kalangan,” paparnya.

Oleh sebab itu, dengan kebijakan tersebut, dia berharap dapat berdampak positif bagi perkembangan batik di Sumenep sendiri. Atas kebijakan tersebut, dia juga berharap pembatik di Sumenep dapat meningkatkan kualitas batiknya.

“Saya berharap, kedepan batik khas Sumenep ini bisa bersaing, baik ditingkat lokal, nasional, bahkan ketingkat internasional,” tandasnya.

Diketahui, acara ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Kepala Disparbudpora Provinsi Jawa Timur, pecinta fashion show se- Jawa Timur, Kepala Disparbud se- Jawa Timur, pengusaha se- Indonesia.

Selain itu juga akan dihadiri oleh pengrajin batik se- Jawa Timur, perancang busana se- Jawa Timur, fotografer se- Jawa Timur dan pecinta tradisional layang-layang se- Jawa Timur.

Dan yang paling bergengsi, festival tersebut juga dihadiri oleh Putri Indonesia Jawa Timur 2019, Bella Putri Ekasandra.