Baru Empat Kecamatan Penuhi Kuota PPS Pilbup Sumenep

oleh -
Caption: Kantor KPU Sumenep, Jalan Asta Tinggi, Kebon Agung Sumenep
Caption: Kantor KPU Sumenep, Jalan Asta Tinggi, Kebon Agung Sumenep

SUMENEP: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, telah menutup masa pendaftaran calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) ditingkat desa/kelurahan. Hasilnya, baru empat kecamatan saja yang telah memenuhi kuota, dari 27 kecamatan yang ada di Sumenep.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Sumenep Rafiqi mengatakan ada 2.704 yang mendaftar Panitia Pemungutan Suara (PPS) sampai tanggal 24 Februari 2020, malam.

“Dengan rincian untuk laki-laki berjumlah 2.303 sedangkan untuk perempuan berjumlah 4.10,” katanya.

Selain itu, Rafiqi juga mengatakan ada 84 Desa yang tersebar dari 23 kecamatan yang tidak memenuhi koata minimal yang mendaftar ada enam pendaftar. Oleh sebab itu, yang tidak memenuhi persyaratan maka pendaftaran diperpanjang hingga tanggal 27 Februari 2020.

“Baru ada empat kecamatan yang full Desanya yang telah memenuhi koata pendaftaran diantaranya, Guluk-Guluk, Gili genting, Rubaru dan pasongsongan,” jelasnya.

KPU Sumenep jika nantinya sampai batas waktu yang telah ditentukan masih belum full pendaftar setiap desa yang minimal enam orang maka akan bekerja sama  dengan lembaga pendidikan untuk memberikan rekomendasi.

“Iya jika sampai batas waktu yang telah ditentukan masih belum full maka bukan rekrutmen tetapi minta rekomendasi,” ungkapnya.(Noe)