Banser Bondowoso Berikan Pendidikan Kebangsaan Bagi Mahasiswa

oleh -

BONDOWOSO: Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Bondowoso menjalin kerjasama dengan berbagai universitas yang ada dikabupaten setempat guna memberikan pendidikan kebangsaan kepada para mahasiswa. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir tumbuh dan berkembangnya paham radikalisme dikalangan mahasiswa.

Dalam pelaksanaannya, pada Rabu (25/12) pagi, Banser Bondowoso mendatangi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At Taqwa Bondowoso guna bekerjasama dalam memberikan pendidikan kebangsaan.

Ketua Diklat Terpadu Dasar ( DTD ) I Bondowoso, H. Syaiful Bahri Husnan, mengatakan bahwa pertemuan singkat antara kedua belah pihak telah dilakukan untuk menjalin kerjasama. Selanjutnya, terkait teknis kerjasama akan dibicarakan dengan Pimpinan Anshor.

“Ini gayung bersambut atas himbauan Kami, terkait Universitas juga harus turut memerangi radikalisme. Sehingga rencana kerjasama dimungkinkan akan berjalan dengan baik. Masih akan dilanjutkan ke rapat-rapat berikutnya ke arah yang lebih tekhnis,” ujarnya.

Ia menambhakan, Kerjasama dengan Universitas juga bentuk upaya Banser dalam ambil bagian untuk memerangi upaya-upaya  pencekokan radikalisme  di Universitas.

“Karena memang kita pahami bersama mahasiswa di Universitas itu rentan dimasuki paham-paham radikalisme, makanya kami mengajak kepada semua universitas untuk ikut bersama-sama memerangi. Dan ini sudah menjadi rahasia umum. Banyak universitas yang di dalamnya sudah mulai ada benih-benih radikalisme,”Imbuh lelaki yang juga Anggota DPRD Bondowoso ini.

Ia pun mengaku bahwa manakala kerjasama ini berlanjut, Banser Bondowoso dalam pendidikan kebangsaan itu akan memberikan wawasan perihal keagamaan, kebangsaan, bagaimana sejarah bangsa. Termasuk juga, wawasan kebangsaan, wawasan ke-NUan, termasuk juga tentang pancasila. Sehingga, terbangun rasa cinta dan memiliki terhadap NKRI.

Sementara itu, Ketua STAI At Taqwa Bondowoso Drs. H. Akhmadi, menyambut baik rencana kerjasama dengan Banser Bondowoso untuk melaksanakan Diklatsar itu, selain itu Diklatsar ini penting diikuti oleh mahasiswa agar menguatkan kedisiplinan dan akademiknya di kampus.

“Saya atas nama Ketua STAI At Taqwa Bondowoso beserta seluruh pimpinan merasa bersyukur dan menyambut baik rencana kerja sama dengan Banser Bondowoso untuk melaksanakan Dikltasar bagi mahasiswa-mahasiswa kami,” pungkasnya.(Noe)