‘Banjir’ Cabai Kering Impor Dari India, Harga Cabai Lokal di Jombang Turun

oleh -

JOMBANG– Adanya cabai impor menyebabkan harga cabai rawit lokal mengalami penurunan. Hal itu diungkapkan oleh pedagang rempah – rempah yang ada di Pasar Pon, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

“Harga cabai rawit lokal sekarang turun, dari harga semula 18 ribu rupiah per kilogram menjadi 16 ribu rupiah,”tutur Hari, pedagang rempah – rempah, Rabu 20/03/19.

Ia menambahkan, turunnya harga cabai ini sudah sejak beberapa bulan terakhir. Dan ini disebabkan karena adanya cabai kering impor yang didatangkan dari India.

“Cabai lokal turunnya terus menerus dan itu bertahap. Ini dikarenakan karena adanya cabai impor. Walaupun harganya mahal yaitu berkisar 42 ribu per kilogram tapi kan kering jadi dapatnya lebih banyak. Kalau ditakar satu kilo cabai kering setara dengan 4 kilo cabai rawit lokal,”ujarnya.

“Pelanggan seperti warung dan restauran banyak yang beralih menggunakan cabai kering impor, karena lebih hemat dan rasanya lebih pedas. Tapi untuk ibu rumah tangga masih memilih cabai rawit lokal,”imbuhnya.

Kalau hal ini terus dibiarkan dan masuk secara bebas di pasaran, bisa dipastikan para petani akan banyak yang gulung tikar, sehingga tak mau menanam lagi. “Kasihan para petani lokal, kemungkinan akan gulung tikar,”pungkas Hari.

Editor : Nurul Arifin