Bangun Desa, Bupati Bondowoso Ajak Warga Ngopi Bareng dan Nonton Sang Kiai

oleh -
Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin bersama ratusan warga Desa Gentong ngopi bareng bersama Forkopimda untuk membangun Bondowoso dari pinggiran, Jum'at malam (24/1/2020).

Bondowoso – Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin mengajak ratusan warga Desa Gentong, Kecamatan Taman Krocok, ngopi bareng bersama Forkopimda. Kegiatan ini dalam rangka membangun Bondowoso dari pinggiran, Jum’at (24/1/2020) malam.

Dalam acara ngopi bareng ini, selain curhat pada Bupati Salwa Arifin tentang pembangunan Bondowoso, warga sekitar juga mengikuti kegiatan pemeriksaan gratis dan nonton bareng film Sang Kiai.

Dalam sambutannya Bupati Salwa menerangkan bahwa kegiatan membangun dari pinggiran merupakan bagian dari upaya untuk membuat Bondowoso Melesat.

“Adapun pembangunan dari pinggiran ini, karena desa-desa di daerah pinggiran memiliki keadaan yang lebih rendah daripada desa-desa yang ada di perkotaan. Maka dari itu, pemerintah memperhatikan pembangunan desa-desa yang ada di pinggiran agar ada kesamaan dengan yang ada di perkotaan,” ujarnya.

Untuk mencapai tujuan itu, kata Bupati, diperlukan kekompakan dan terciptanya kondusifitas yang dilaksanakan oleh seluruh pihak, tak terkecuali warga di Desa Gentong. “Maka seperti disampaikan oleh Pak Kapolres tadi yang mengingatkan, kita masyarakat Gentong ini harus kondusif dan kompak,”ujarnya.

Kondusif yang dimaksud, kata dia, adalah dalam keadaan aman, tenang, dan tentram. “Mudah-mudahan Desa Gentong ini ke depan terus aman dan tentram, tidak ada tindakan kriminal, pertikaian, perseteruan, semua masyarakat bersatu padu,” harapnya.

Pantauan di lapangan, usai acara seremonial warga Desa Gentong menyampaikan sejumlah keluhan. Di antaranya, tak adanya akses listrik ke dua dusun di kawasan tersebut. Kemudian, keluhan petani yang menyebut bahwa pada musim tanam ini kesulitan mendapatkan pupuk. Belum lagi, juga akses infrastruktur jalan yang perlu diaspal.

Semua keluhan tersebut disampaikan pada Bupati Salwa Arifin berikut pula kepada sejumlah Forkopimda yang hadir. Seperti, Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah, Komandan Kodim 0822 Letkol Inf. Jadi, Sekretaris Daerah Syaifullah, Anggota DPRD Fraksi PPP Andi Wijaya, Anggota DPRD Fraksi Golkar Kukuh Rahardjo. Termasuk pula, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang hadir.

Dalam kesempatan ini Bupati Salwa bersama Forkopimda juga membagikan sejumlah sembako dan alat tulis. Termasuk beberapa hari sebelumnya juga dilakukan pembangunan tiga unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang penyerahan secara simbolisnya akan dilaksanakan Sabtu pagi (25/1).