Bacaleg DPRD Jember dari PSI Didominasi Perempuan

oleh -
PSI Jember saat mendaftar ke KPU setempat (Foto : agung kurniawan/Kabarjatim)
PSI Jember saat mendaftar ke KPU setempat (Foto : agung kurniawan/Kabarjatim)

JEMBER-Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Jember daftarkan Bacaleg (Bakal Calon Legislatif) untuk maju jadi legislator di DPRD Jember, Senin (16/7/2018). Pendaftar dari partai PSI ini didominasi oleh perempuan.

Pendaftaran yang dilakukan sehari sebelum penutupan itu, PSI serahkan 50 nama Bacaleg untuk maju pada konstentasi Pilihan Legislatif (Pileg) DPRD Jember, 2019 nanti.

“Secara ketentuan sudah mengirimkan 50 nama dan persyaratannya, serta mayoritas diikuti oleh perempuan,” ujar Agus Hamdani, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PSI Jember, seuasai mendaftar di Kantor KPUD Jember.

Lanjut Agus, ada sekitar 70 persen dari jumlah keseluruhan yang didaftarkan. Dan ini melebihi dari 30 persen, ketentuan yang diberikan oleh KPU dan Undang-undang. Ia menjelaskan, banyaknya pendaftar perempuan untuk jadi Bacaleg yang berangkat dari PSI, disebabkan, karena partai PSI dikenal sebagai partai perempuan.

“Dalam satu Daerah Pemilihan (Dapil) yakni di dapil 5 ada sekitar 71 persen keterwakilan perempuannya. Hal ini disebabkan karena banyak sekali yang mendaftar sebagai wakil rakyat di PSI, yang terkenal dengan partai perempuan,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, bahwa pada Pileg medatang, PSI menargetkan 6 kursi di setiap Dapil (Daerah Pemilihan). “Banyaknya perempuan yang mendaftar bukan sebagai strategi tetapi murni karena banyaknya yang berminat,” pungkasnya.

Pendaftaran Bacaleg akan ditutup esok hari, Selasa, 17 Juli 2018 pada pukul 00.00 WIB. KPU juga membuka layanan Help Desk pendaftaran Bacaleg, jika ada partai yang masih belum jelas terkait persyaratan dan ketentuan yang berlaku. @VIN