B.J Habibie Berpulang, Pemprov Jatim Tunda Acara Launching Hari Jadi ke-74

oleh -

SURABAYA-Pemerintab Provinsi Jawa Timur menunda menunda acara launching Hari Jadi ke-74. Acara yang sedianya digelar pada Jumat (13/9/2019) ditunda lantaran Presiden ke-3 RI Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia.

Penundaan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap meninggalnya Presiden ke-3 RI tersebut. Tak hanya itu, pemerintah juga menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari Mulai Hari Kamis hingga Sabtu mendatang.

“Begitu mendengar kabar duka, semalam Ibu Gubernur langsung menginstruksikan untuk menunda acara launching hari jadi yang sedianya akan digelar besok pagi karena masih dalam hari berkabung nasional. Ibu Gubernur, seluruh jajaran Pemprov beserta seluruh masyarakat Jatim menyampaikan duka cita yang mendalam,”
kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai di ruang kerjanya Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Kamis (12/9).

Aries mengatakan, launching Hari Jadi ke-74 Provinsi Jatim akan tetap dilaksanakan, namun untuk waktunya masih akan dibahas bersama dengan Ibu Gubernur.

“Untuk kapan waktu kepastiannya kami masih harus rapat terlebih dahulu, nanti segera kami informasikan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, B.J Habibie meninggal pada 11 Sepetember 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta sekira pukul 18.05 WIB. B.J habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Ia adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Sebelumnya, B.J. Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7, menggantikan Try Sutrisno. B. J. Habibie menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998.

B.J. Habibie kemudian digantikan oleh Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil Pemilu 1999. Dengan menjabat selama 2 bulan dan 7 hari (sebagai wakil presiden) dan juga selama 1 tahun dan 5 bulan (sebagai presiden), B. J. Habibie merupakan Wakil Presiden dan juga Presiden Indonesia dengan masa jabatan terpendek.

Dari sekian banyak presiden Indonesia, B. J. Habibie merupakan satu-satunya Presiden yang berasal dari etnis Gorontalo, Sulawes dari garis keturunan Ayahnya yang berasal dari Kabila, Gorontalo dan etnis Jawa dari ibunya yang berasal dari Yogyakarta. VIN