Aremania Dan Bonekmania Sepakat Tidak Nonton di Kandang Lawan

oleh -

SURABAYA – Suporter derbi Jawa Timur, yakni bonekmania dan aremania sepakat tidak datang menonton jagoannya di kandang tuan rumah pada partai pamungkas Piala Presiden 2019. Baik saat Arema FC main di Surabaya, dan sebaliknya Persebaya main di Malang.

“Kedua suporter sudah meneken MoU, bahwa saat main di Surabaya supporter arema tidak datang ke Surabaya dan begitu sebaliknya dengan bonekmania. Ini sudah kesepakatan,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, di Mapolda Jatim di Surabaya, Senin (8/4/2019).

Sementara terkait pengamanan untuk pemain, lanjut Luki, pihaknya sudah menyiapkan pola pengamanan seperti sebelum-sebelumnya. “Nanti akan kita kawal, baik saat berangkat maupun saat kembali atau pulang,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Aremania, Ahmad Gozali, membenarkan bahwa suporter aremania tidak akan darang ke Surabaya, untuk menonton jagoannya saat bermain di kandang Persebaya. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kericuhan antar suporter.

Oleh karena itu, Gozali menghimbau kepada aremania tidak memaksakan diri untuk menyaksikan langsung Arema FC melawan Persebaya Surabaya, pada leg pertama Piala Presiden 2019, di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa, 9 April 2019 nanti.

“Kami imbau, sebaiknya teman-teman Aremania tidak usah datang ke Surabaya. Saya juga minta Bonek untuk tidak ke Malang. Yang telah kita tandatangani MoU pada tahun 2006 lalu,” kata Gozali. 

Gozali mengaku akan berusaha semaksimal mungkin meredam tensi para suporter arema. Ia berjanji akan mensosialisasikan kepada suporter arema untuk menjaga kondusifitas, demi lancarnya Piala Presiden 2019.

Bagi Gozali, menang atau kalah dalam pertandingan adalah hal biasa. “Yang terpenting adalah kebersamaan untuk menciptakan sesuatu keamanan yang kondusif. Intinya kita bisa menjaga kotanya masing-masing, dalam hal ini teman-teman Arema yang sudah terpatri jiwanya no anarkis no ribut,” kata Gozali.

Dikonfirmasi terpisah, dedengkot bonekmania, Agus Bimbim Tessy, juga mengatakan hal serupa. Ia menghimbau para bonekmania untuk tidak datang ke Malang pada leg kedua Persebaya Surabaya kontra Arema FC, pada 12 April 2019.

“Cukup nonton di GBT saja pada leg pertama, jangan datang ke Malang, untuk menghindari kericuhan. Kami komitmen untuk menjaga Piala Presiden berjalan aman dan lancar,” kata Tessy, sapaan akrabnya.

Editor.  :  Rusmiyanto