Antisipasi Narkoba, Anggota Polres Jombang Jalani Tes Urine

oleh -
Petugas BNN Kediri Kesehatan Saat Lakukan Tes Urine Anggota Polisi_
Petugas BNN Kediri Kesehatan Saat Lakukan Tes Urine Anggota Polisi_

JOMBANG- Ratusan anggota Polisi dari Polres Jombang melakukan tes urine guna mengantisipasi penyalahgunaan narkorika dan jenis obat terlarang. Hal itu dilakukan secara mendadak usai apel pagi, Selasa (25/06/2019).

“Kami lakukan kegiatan tes urine ini untuk mengetahui apakah ada anggota yang memakai narkoba atau obat terlarang,” ucap Kompol Budi Setiono, Wakapolres Jombang.

Lebih jauh Budi menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini anggota harus bersih dari penggunaan narkoba dan obat terlarang lainnya sebelum petugas melakukan hal serupa kepada masyarakat. Sehingga diharapkan, Polisi mampu memberikan contoh baik kepada masyarakat.

“Kita lakukan kepada anggota terlebih dahulu sebelum para petugas melakukan tes urine kepada masyarakat. Intinya sebelum menindak masyarakat, kami berkomitmen para anggota harus bersih dulu dari narkoba,” imbuhnya.

Usai apel, satu per satu anggota melakukan absensi dan menerima wadah guna tempat air seni yang nantinya akan di periksa. Mereka menuju kamar kecil yang ada di ruang Graha Bhkati Bhayangkara (GBB).

Wakapolres memastikan bakal memberi saksi tegas bagi anggota yang kedapatan mengkonsumsi narkotika. Sebab, hal itu merupakan suatu tindakan pelangaran hukum yang cukup berat. Pihaknya akan memberikan tindakan tegas, bisa berupa sidang disiplin hingga pada pemecatan.

“Kami akan menindak tegas jika ada anggota yang tes urinnya terbukti memakai narkoba dan obat terlarang lainnya. Berupa sidang disiplin hingga pemecatan jika memang pelanggarannya berat,” pungkasnya.

Usai melakukan tes urin para anggota kemudian melaksanakan aktifitas sesuai tugasnya masing – masing. Kegiatan ini akan rutin dilakukan dan berkala dan pastinya secara mendadak.