Antisipasi Lonjakan Harga Beras, Bulog Gelar Operasi Pasar di Jember

oleh -

JEMBER – Melemahnya rupiah memicu kenaikan harga barang dan jasa. Untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako terutama di Jember, Bulog Subdivre XI, menggelar operasi pasar.

“Ini sebagai antisipasi karena pasokan beras medium di tingkat petani sudah mulai menipis dan harga Dollar yang juga terus naik,” terang Kasi Pengadaan Beras Bulog Subdivre XI Jember, Jawa Timur, Aan Sugiarto.

Operasi pasar ini juga merupakan instruksi langsung dari Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita. Kendati belum terjadi lonjakan harga yang signifikan atau cenderung stabil, operasi pasar akan terus dilakukan hingga ada perintah pemberhentian dari Mendag. “Operasi pasar ini akan terus berlangsung sampai ada instruksi pemberhentian,” tegasnya.

Operasi pasar yang dilakukan Bulog kemarin berada di tiga titik. Yakni Pasar Tanjung, Pasar Kreongan, dan Pasar Mangli. Selain itu, Bulog juga dropping bahan pokok di beberapa toko binaan (mitra) dan Rumah Pangan Kita (RPK).

Dalam operasi pasar tersebut, beras medium dijual dengan harga Rp8.200 per kilogram, gula pasir Rp11.500 per kilogram, minyak goreng Rp11.800, dan tepung terigu Rp7.100 per kilogram.

Editor: Ahmad Saefullah