Anak Jalanan Pingsan Saat Dihukum Satpol PP Jombang

oleh -

JOMBANG – Salah satu Anak Jalanan (Anjal) pingsan saat dihukum dengan sikap hormat pada Bendera Merah Putih oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jombang, Senin (28/01/2019).

Hukuman tersebut diberikan usai Satpol PP Jombang gelar razia anak jalanan dan pengemis pada pukul 09:00 WIB. Sebanyak 13 Anjal yang terjaring dalam razia tersebut, 4 anak perempuan dan 9 laki-laki.

Dari 13 anak yang terjaring, satu anak perempuan pingsan saat dihukum hormat dihadapan tiang bendera yang berada di pelataran markas Satpol PP Jombang. Lantas anak tersebut harus dibopong teman-temannya masuk ke dalam kantor Satpol PP guna diolesi minyak kayu putih. Kemungkinan anak tersebut belum sarapan.

Tak hanya hukuman itu saja, sebagian anak yang terjaring harus dihukum untuk mengucapkan bunyi sila Pancasila. Lucunya, satu anak harus mengucapkan berulang kali sampai benar, sebab tidak hafal sila – sila Pancasila.

Kasatpol PP Kabupaten Jombang, Ali Arifin mengatakan, razia dilakukan menyusul banyaknya laporan dari warga yang merasa resah dengan keberadaan anak – anak jalanan dan pengemis.

“Kami lakukan razia kepada anak jalanan dan juga pengemis yang meresahkan warga. Ada sebanyak 13 anak yang terjaring, yang nantinya akan kita bina supaya tidak kembali lagi ke jalanan,” ucapnya.

Pihaknya, lanjut Ali, akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang, guna lakukan pembinaan lebih lanjut terhadap anak jalanan yang sangat meresahkan pengguna jalan.

“Dari beberapa anak yang terjaring, ada yang sering kena razia dan kami sangat hafal. Padahal waktu terjaring sebelumnya, ia sudah berjanji tak akan kembali ke jalanan lagi. Tapi ternyata masih tak jera. Setelah kami data, selanjutnya akan kami serahkan ke Dinsos, dan hari mulai hari ini pihak Dinsos sudah mempunyai rumah penampungan untuk anak – anak seperti mereka,” imbuhnya.

“Untuk antisipasi kembalinya anak jalanan serta pengemis, kami akan lakukan razia secara rutin,” tutur Ali.

Editor : Ahmad Saefullah