AMPI Tantang Anak Muda Bikin Vlog Tentang Masa Depan Indonesia

oleh -
Ketua DPD AMPI Jatim Pranaya Yudha Mahardika

SURABAYA-Memperingati hari Kebangkitan Nasional yang jatuh 20 Mei 2018, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Seluruh Indonesia merangkul jaringan komunitas muda untuk menggelar program Millennials Nationalism kedua. Sebelumnya pada Desember 2017 lalu, AMPI bersama TNI sukses menyelenggarakan Millennials Nationalism Cup.

Program Millennials Nationalism dikemas dalam bentuk video pendek atau vlog. Tema yang diusung “Generasi Muda Menyambut Indonesia 4.0”.

“Indonesia sedang bersiap menuju sebuah negara maju. Tetapi, visi itu tidak akan terwujud tanpa ada aspirasi dan inspirasi dari kamu. Karena itu kami ingin mengajak seluruh kamu, generasi muda Indonesia khususnya generasi muda Jawa Timur untuk bersama merancang visi kamu tentang Indonesia ke depan ke dalam sebuah karya video berdurasi 1 menit,” terang Ketua DPD AMPI Jatim Pranaya Yudha Mahardika dalam keterangan pers di Surabaya, Minggu (20/5/2018).

Acara ini berlaku serentak di 34 Provinsi seluruh Indonesia melalui jaringan AMPI sebagai inisiator sekaligus fasilitator dalam penyerapan aspirasi dan pengaplikasian semangat kreatifitas anak muda dalam mewujudkan Indonesia di masa depan (Indonesia Maju – Indonesia 4.0).

Yudha menyampaikan, program ini merupakan satu bentuk gerakan untuk merangkul masyarakat terutama anak-anak muda dalam membangun harapan, keyakinan dan optimisme untuk masa depan Indonesia. Menurutnya, program Millennials Nationalism dapat memudahkan anak muda menyalurkan aspirasi, tentu yang relevan dengan kondisi jaman sekarang.

“Anak muda sekarang butuh dimotivasi melalui optimisme, supaya bisa menstimulasi kreativitas berbasis problem-solving,” ujarnya.

Melalui gerakan ini, AMPI ingin mengajak anak muda menjawab isu-isu negatif serta tren nyinyir atau pesimis dari sebagian kecil dari sebagian kalangan di negeri ini, tidak hanya dengan kata, tetapi dengan pemikiran yang lebih positif melalui karya nyata.

“Sebaliknya yang namanya negatifitas justru yang memperlemah semangat kita buat maju. Kita-kita ini calon pemimpin masa depan, dan saya pikir dengan menginspirasi mereka melalui optimisme dan hal-hal positif dapat menjadi jalan terbaik membangun pemuda dan Indonesia,” imbuhnya.

Program Millennials Nationalism mengacu pada gagasan Partai Golkar tentang Indonesia 4.0 di mana pembangunan manusia serta perkembangan geopolitik dalam lingkup domestik dan global. Sejauh ini Indonesia 4.0 sejalan dengan visi “Menuju Indonesia Maju” yang sedang gencar dilakukan pemerintah.

“Kita, ormas pemuda, partai politik, bahkan masyarakat, tidak bisa lagi menutup mata bahwa sumber daya manusia terutama anak-anak muda adalah harapan bangsa. Mengacu pada gagasan Indonesia 4.0 Partai Golkar, ide-ide anak muda sudah saatnya diciptakan hari ini. Ini adalah pondasi untuk kemajuan pembangunan masa depan, Indonesia dan dunia,” tutupnya.

 

Syarat dan ketentuan:

  1. Follow IG @millennialsnationalism
  2. Upload dan tag karya video ke IG @millennialsnationalism
  3. Tema video adalah “Visi Indonesia 4.0: Menuju Indonesia Maju” dengan durasi 60 detik.
  4. Karya dapat berupa karya kelompok maupun individu.
  5. Format Upload “judul-nama pembuat-#MillennialsNationalism #MakingIndonesia40 #MenujuIndonesiaMaju”
  6. Kirim biodata lengkap peserta ke [email protected]
  7. Video tidak diperbolehkan mengandung unsur SARA, Bullying dan Pornografi.
  8. Karya merupakan karya orisinil dan belum pernah di-upload/ dipublikasikan sebelumnya.
  9. Batas akhir pengumpulan karya pada tanggal 20 Juni 2018.
  10. Peserta dapat memberikan maksimal 2 (dua) karya.
  11. Karya sepenuhnya menjadi hak milik penyelenggara.
  12. Keputusan juri dan panitia penyelenggara tidak dapat diganggu gugat. @VIN