Amankan Pilkada Serentak, Polda Jatim Terjunkan 1.115 Personel

oleh -

SURABAYA-Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menerjunkan 1.115 personel gabungan dalam rangka Operasi Mantap Praja Semeru 2018. Ribuan personel itu disiapkan untuk pengamanan proses Pilgub Jatim yang akan berlangsung pada Rabu, 27 Juni 2018.

“Ribuan personel itu gabungan TNI-Polri, mereka akan disebar di seluruh wilayah Jatim untuk pengamanan TPS,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, dalam sambutannya pada Apel Operasi Mantap Praja Semeru 2018, di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin (25/6/2018).

Ribuan personel itu akan disebar ke 38 Kabupaten/Kota di Jatim. Diantaranya 100 personel staff gabungan dan 71 personel dari Dalmas Ditsabhara, akan diterjunkan ke Kabupaten Bangkalan, Madura. Kemudian 200 personel staf gabungan dan 89 personel Dalmas Ditsabhara ke Kabupaten Sampang.

Lalu 110 personel staf gabungan dan 90 personel Dalmas Ditsabhara Kabupaten Pamekasan, dan 175 personel staf gabungan ke Kabupaten Sumenep.

Selanjutnya di Bondowoso 100 personel staf gabungan, Lumajang 100 personel staf gabungan, dan Probolinggo Kota 80 personel Dalmas Ditsabhara. “Nantinya semua kotak surat suara dari TPS di seluruh Jatim semuanya akan dikawal oleh petugas,” katanya.

Menurut Machfud, pengamanan ini akan diberlakukan di semua lini pada Pilgub Jatim kali ini, termasuk oleh ancaman teror dari kelompok tertentu. “Maka tadi sudah saya sampaikan untuk tidak under estimate patroli skala besar di luar area TPS nya untuk membuat masyarakat aman,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi dan mencegah orang yang berniat jahat dengan patroli di luar, Machfud mebgaku akan melakukan pengamanan di setiap TPS oleh personel Polri dan Linmas, dan ketentuan yang ada dalam aturan sudah ada di TPS.

“Terjelek pun sudah kita sudah antisipasi, mudah-mudahan anggota berangkat ke madura dengan kostrat dan Polri hanya sekedar menghantar masyarakat untuk berpesta demokrasi. Mudah-mudahan jatim aman dan sudah kita petakan dengan baik,” kata Jendral Bintang Dua itu. @VIN