Aliansi Mahasiswa Blitar Gelar Aksi Damai Terkait Peristiwa Cianjur

oleh -

BLITAR – Mahasiswa di Blitar yang terdiri dari PMII dan GMNI dan tergabung dalam aliansi Mahasiswa Blitar siang ini menggelar aksi damai di depan Istana Gebang Kota Blitar. Sabtu, (17/08/2019)

Dalam aksinya mereka menyatakan sikap dan respon atas adanya tragedi terbakarnya Polisi dalam pengamanan aksi masa Cipayung Plus di Cianjur pada Kamis 15 Agustus lalu. 

Ahmad Sugino selaku ketua PC PMII Blitar dan juga mewakili Aliansi Mahasiswa menyampaikan beberapa pernyataan sikaP prihatin dan menyayangkan atas tragedi terbakarnya Polisi baru baru ini di Cianjur.

PC PMII komitmen akan menjaga sikap, dan  pernyataan sikap tersebut antara lain, 1. Mengucapkan bela sungkawa atas tragedi terbakarnya anggota polisi di cianjur jawa barat dalam giat aksi  cipayung plus.

2. Berkomitmen bersama-sama untuk menjaga kondusifitas Blitar Raya. 3.Menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak berspekulasi dan termakan Hoax atas tragedi tersebut sebelum informasi resmi dari pihak penegak hukum. 4. Menyerahkan permasalahan tersebut kepada pihak yang berwenang agar di selesaikan dengan tuntas melalui prosedur hukum. 5. Tragedi tersebut dipastikan di luar konsep aksi yang sudah di tentukan. 6. Kami mengapresiasi atas kinerja Kepolisian Cianjur yang berusaha untuk menangani gerakan aksi massa dalam menyuarakan pendapat di muka umum oleh mahasiswa Cianjur. 7. Kami mengapresiasi aksi massa sebagai bentuk kritisisme dalam melakukan kontrol terhadap Pelaksanaan Tata Pemerintahan yang baik, agar kemudian cita-cita kemerdekaan Indonesia dapat direalisasikan. 8. Kami menyayangkan dalam proses penanganan aksi massa oleh pihak terkait kurang maksimal,dimana instrumen kelengkapan dalam menangani semua kemungkinan yang terjadi pada aksi massa kurang memadai, sehingga kemudian menimbulkan korban. 9. Kami berharap sikap profesional pihak kepolisan Cianjur untuk membebaskan setiap anggota Kelompok Cipayung Plus (PMII, GMNI, IMM dan Hima Persis) yang terbukti tidak bersalah atas terjadinya insiden luka bakar anggota Kepolisian Cianjur.

Usai menggelar aksi damai belasan Mahasiswa membubarkan diri dengan tertib dan damai.