Akun Whatsapp Ketua PWI Jombang di Retas, Minta Transfer Uang

oleh -

JOMBANG – Akun Whatsapp Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jombang di retas orang tak dikenal. Pelaku meminta pinjaman uang ke semua nomor yang ada di handphone milik ketua PWI Jombang tersebut.

Informasi tersebut diketahui saat beberapa wartawan yang tergabung dalam grup Persatuan Wartawan Indonesia Jombang tidak dapat lagi berkomentar atau pun membalas pesan yang ada di grup tersebut lantaran privasinya sudah diganti oleh akun milik ketua PWI. Kemudian akun dengan nomor Handphone +62 815-5075-340 mengirim WhatsApp satu persatu kepada seluruh anggota PWI Jombang, dengan menanyakan kabar.

“Tiba-tiba dapat Whatsapp dari pak ketua, dan bahasa berbeda dengan biasanya jadi curiga,”Ujar Umar Sanusi Wartawan Senior Kabupaten Jombang. Kamis 25 April 2019.

Kecurigaan tersebut lantas terbukti setelah, Akun Whatsapp sutono meminta di Transfer sejumlah uang ke rekening 705423126900 atas nama Sulkifli, bank CIMB Niaga.

“Dalam chat tersebut, dia meminta untuk ditransfer uang Rp 1 Juta, dengan alasan ATM nya terblokir, dan akan diganti pada besuknya, Bahkan perentas juga mengingatkan kode bank nya yakni 002,”Lanjut Umar.

Selain meminta Transferan kepada sesama wartawan, Akun perentas juga menyasar Anggota Kepolisian yang tergabung dalam Grub PWI Pokja Polres Jombang, Salah satunya yakni Kapolsek Diwek, AKP Bambang S dan Kapolsek Gudo AKP Yogas.

“Saya Juga dapat pesan singkat seperti itu, dan juga sama meminta Transferan,”Ujar Kapolse Diwek AKP Bambang S dalam pesan singkatnya.

Setelah dikonfirmasi melalui telepon selulernya ketua PWI ombang Sutono Abdillah mengatakan membenarkan bahwa akun Whatsapp nya telah diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab sehingga saat ini pihaknya belum bisa menggunakan Akun tersebut.

“Dari tadi pagi tidak dapat digunakan, dan yang jelas itu bukan saya,”Pungkasnya.

Editor.  : Rusmiyanto