Achmad Setiyo Prabowo jabat Direktur Poltekbang Surabaya

oleh -

SURABAYA-Kementerian Perhubungan melakukan reposisi sejumlah pejabat struktural di lembaga yang dinaunginya, termasuk Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya.

Kini, Direktur Poltekbang Surabaya dijabat oleh Achmad Setiyo Prabowo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: SK. 1896 Tahun 2019 Tanggal 25 Juni 2019. Ia menggantikan Direktur sebelumnya yaitu Setiyo yang sudah 5 tahun memimpin salah satu sekolah penerbangan terbaik di Indonesia itu.

Achmad Setiyo sebelumnya menjabat sebagai Direktur Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar. Pelantikan dan Serah Terima Jabatan telah digelar di Kantor Kementerian Perhubungan, juga di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan di Jakarta pada akhir Juni 2019 lalu.

Direktur Poltekbang Surabaya Achmad Setiyo Prabowo mengaku siap menjalankan amanah barunya. Pria paruh baya ini telah memiliki banyak pengalaman memimpin sekolah perhubungan mulai dari Sentani Jayapura, Medan hingga Makassar. Dalam waktu dekat Achmad Setiyo akan merealisasikan sejumlah program untuk meningkatkan mutu Poltekbang.

“Program jangka pendek, kami akan melakukan akreditasi program studi. Ada dua yaitu Komunikasi Penerbangan, juga Teknik Bangunan dan Landasan,” katanya di Surabaya, Jumat (05/07/2019).

Tak hanya itu, Achmad Setiyo dalam kepemimpinannya juga akan concern soal IT (information technology). Apalagi Indonesia sudah mulai memasuki revolusi industri 4.0.

“Kita sudah masuk industri 4.0, untuk IT akan kita lakukan penguatan. Sekarang ini sudah ada, tapi akan kita kuatkan lagi semua data informasi bisa terkumpul dalam satu big data, informasi untuk publik akan kita perbaiki,” jelasnya.

Kegiatan lainnya juga akan segera ‘dikebut’. Seperti penyusunan Renstra (dokumen perencanaa) periode 2019-2024, hingga pemantapan program untuk menunjang akademik para taruna di Poltekbang Surabaya.

Sementara, mantan Direktur Poltekbang Surabaya Setiyo juga menitip pesan khusus kepada penggantinya. Setiyo menilai bahwa kinerja Ahmad Setiyo tak perlu diragukan lagi, karena telah memiliki banyak pengalaman.

“Beliau pengalamannya banyak di sekolah tinggi penerbangan, mulai Medan, Makassar dan sekarang beliau kembali lagi ke Surabaya. Harapannya semoga Politeknik Penerbangan Surabaya ini lebih maju lagi dan lagi,” paparnya.

Selama memimoin Poltekbang Surabya, Setiyo juga mengaku masih menyisakan beberapa pekerjaan rumah (PR) yang belum tuntas. Dirinya meminta agar penggantinya yang sekarang bisa menyempurnakan dan menjalannkannya.

“Banyak hal dan tugas yang belum terselesaikan. Ini menjadi PR untuk direktur yang baru agar politeknik ini menjadi lebih baik, punya kelebihan dibanding dengan sekolah penerbangan lainnya,” pesan Setiyo.

Memasuki masa purna tugas, pria yang bergelar insinyur ini berkeinginan untuk tetap
aktif di lingkungan sekolah penerbangan.

“Saya pengen jadi dosen, ya kalau diterima di Poltekbang, saya akan kembali lagi kesini. Ini masih nunggu SK (surat keputusan Kemenhub) keluar agar saya bisa jadi dosen disini (Poltekbang Surabaya),” tutup Setiyo.