98 Tim Ikuti Kompetisi Sepakbola KU-12 se-Jawa Bali Piala DPD KNPI Jatim

oleh -

JOMBANG-Jelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jombang digelar kompetisi sepakbola Kelompok Umur 12 tahun (KU-12). Kompetisi ini memperebutkan piala DPD KNPI Jatim dan akan digelar pada tanggal 21-23 Desember 2018 mendatang.

Ketua Pelaksana Farid Al Farisi mengatakan, kompetisi ini diikuti 96 tim. Mereka berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali. “Syarat peserta berusia maksimal 12 tahun pertanggal 21 Desember 2018 dan minimal berusia 10 tahun. Kami melakukan screening ketat terkait usia,” kata Ketua DPD KNPI Jombang ini, Senin (10/12/2018).

Saat ini, lanjut Farid, pihak panitia sedang melakukan screening di sejumlah tempat seperti di Jombang, Mojokerto, Surabaya, Kediri dan Lamongan. Dan untuk peserta yang berasal dari luar Jawa Timur akan discreening di lokasi pertandingan pada H-1.

Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menjaring bibit-bibit unggul sepakbola masa depan. Kompetisi ini merupakan agenda dari KNPI dan bekerjasama dengan PSSI Jombang. Rencananya, hasil dari kompetisi ini akan diikutkan dalam kompetisi di atasnya sehingga penjaringan bibit unggul dapat tercapai.

“Para peserta ini berasal dari sejumlah sekolah sepakbola se-Jawa Bali. Memperebutkan piala KNPI Jatim dan total hadiah Rp11 juta,” jelasnya.

Kompetisi ini sedianya digelar di Stadion Jombang. Sistem yang digunakan dalam kompetisi ini adalah setengah kompetisi. Artinya, masing-masing tim terbagi dalam grup. Masing-masing grup akan diambil juara grup, setelah itu knock out. Sehingga, final akan digelar pada hari Minggu (23/12/2018). “Pertandingan 2×10 menit. Karena untuk anak-anak,” tambahnya.

Berikut daftar Tim KU-12 yang sudah terdaftar di meja panita adalah Pesawat (Jombang), Putra Mojowarno A (Jombang), Putra Mojowarno B (Jombang), Bintang Muda A, MFC Mojoduwur (Jombang), ASSKABA (Malang), Pendowo Fc (Sidoarjo), Reuni Fc (Surabaya), AB perkasa A, AB Perkasa B.

Kemudian Putra palapa biru (Tulungagung), Putra Unggulan Mojoagung (Jombang), Bintang muda B, Siswatama (Kediri), NFF (Nganjuk), GPD (Sidoarjo), Brantas FC (Jombang), Rocket FC, Almadani (Ponorogo), Alcatras (Kediri), PS.MU A (Jombang), Garuda FC, Azka Dharma Perkasa A, ASS mojo (Mojokerto), Palupi A (Mojokerto), SKB Gudo (Jombang).

Selanjutnya, Taruna putra (Jombang), Azka Dharma Perkasa B, PG Pesantren Baru A, Putra Garuda (Pare), Bhayangkari (Surabaya), Tunas Jaya Spande (Sidoarjo), Gen B Merah (Mojokerto), Pahlawan United (Surabaya), Putra Berlian (Kediri), AM FC (Blitar), IM (Nganjuk), Gamas FC (Gresik), Perseto Junior (Jombang), Putra Palapa Orange (Tulung Agung), Bina Putra (Mojokerto), Bina Putra Moker B (Mojokerto), Surya Muda FC Mantup (Lamongan), PSP Bonansa Solo (Jawa Tengah).

Ada lagi SSB Argas (Sidoarjo), PSM (Jombang), Biscione BM (Jombang), IM Sragen (Jateng), Putra GRG (Jombang), PSG Gayaman (Mojokerto), Anak bangsa (Surabaya), Tamtama (Kediri), Pratama (Pacitan), Gen B Putih (Mojokerto), NEA A (Tulungagung), Resco babat A, Resco babat B, Kauman united (Jombang), Atlantic FC (Jombang), Citra Yourt Star (Lamongan), SAB Bulog (Surabaya), Baratha Mojosari (Mojokerto), NEA B (Tulungagung), SSB Persewulan (Jombang), SSB GP Plandi (Jombang), Sidali Putra (Jombang), Bina Putra (Blitar), SSB Matra (Nganjuk), Triple’s (Kediri).

Ditambah lagi, Pumar FC (Mojokerto), SSB Phonix (Mojokerto), PG Pesantren Baru B (Kediri), MI Almunawaroh fc (Jombang), Putra Nusantara (Jombang), Portara (Jombang), Rajawali (Mojokerto), SSB PESTA 81 (Jombang), Hansa FC, SSB Bangsal (Mojokerto), SSB Porsas (Mojokerto), SSB PALUPI B. Jumlah ini akan terus bertambah dan dilakukan screening oleh panitia.

Kompetisi KU-12 ini merupakan rangkaian Pra Musda DPD KNPI Jombang. Selain, kompetisi KU-12 ini, juga digelar bazar di stadion Jombang. Sedangkan Musda akan digelar pada bulan Januari 2019. @VIN