74 Warga Sumenep Terjangkit HIV

oleh -

SUMENEP – Menjelang akhir tahun 2019, sejumlah warga di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, divonis mengidap penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome atau Human Immunodeficiency Virus (HIV/AIDS).

Data di Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, hingga Desember ini sudah ada 74 warga yang mengidap penyakit menular tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumenep, Kusmawati menjelaskan, penderita HIV/AIDS di Sumenep memang cukup besar. Yakni, mencapai 74 orang.

“Penderita HIV/AIDS berjumlah 74 orang, lebih sedikit dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 93 orang dan 2018 yang mencapai 96 orang,” katanya.

Dia menuturkan, HIV/AIDS merupakan penyakit menular antara person ke person. Itu biasanya terjadi akibat karena kontak, baik kontak seksual maupun bukan.

“Seperti halnya bersalaman dengan penderita itu bisa menular juga, itu apabila kondisinya luka,” terangnya.

Menurut Kusmawati, yang paling dominan itu HIV/AIDS terjadi akibat gonta ganti pasangan atau menggunakan jarum suntik pergantian.

Walaupun demikian, penyakit ini bisa disembuhkan. Namun hasilnya pengidap bisa ketergantungan kepada obat.

“Jadi saat ini 74 orang yang menderita penyakit menular masih kami tangani. Dan kami tetap berusaha yang terbaik agar bisa disembuhkan,” jelasnya.

Dia tidak menampik bahwa angka itu bisa saja meningkat. Sebab masyarakat Sumenep kebanyakan malu atau tidak ingin diketahui penyakitnya.

Sementara kata dia saat ini pengobatan penyakit bagi penderita HIV/AIDS sudah gratis tidak ada biaya. “Semua pengobatannya gratis, tidak dipungut biaya,” tandasnya. (RUS)