60 Ribu Sertifikat Tanah Program PTSL Diserahkan Ke-warga Sidoarjo

oleh -

SIDOARJO– 60 ribu sertifikat tanah milik warga Sidoarjo dibagikan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo tahun ini. Penerbitan sertifikat tanah tersebut melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun 2018 lalu. Secara simbolis sertifikat tanah tersebut diserahkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jumat, (25/1/2019).

“Diterbitkannya sertifikat tersebut meningkatkan status kepemilikan tanah yang kuat dimata hukum. Dengan memiliki sertifikat, tidak perlu dikhawatirkan lagi timbul permasalahan sengketa tanah dikemudian hari,” kata Bupati saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh jajaran BPN Sidoarjo yang telah membantu masyarakat dalam program sertifikasi tanah. Ia berharap program PTSL akan mampu menciptakan situasi yang kondusif di lingkungan masyarakat Sidoarjo. Ia juga berharap kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan jajaran BPN dapat berlangsung terus menerus dan berkesinambungan.

“Tanpa dukungan dari BPN tersebut pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan Kabupaten Sidoarjo mungkin tidak berjalan dengan baik,” cetusnya.

Sementara itu Kepala BPN Sidoarjo Humaidi A.Ptnh,MM mengatakan ada 60 ribu bidang tanah milik warga Sidoarjo yang menjadi target program PTSL tahun 2018 lalu. Target tersebut telah terlampaui dengan diterbitkannya sertifikat tanah yang diserahkan tahun ini.

“60 ribu bidang tanah tersebut tersebar di 39 desa yang berada di 9 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Penyerahan sertifikat tanah kali ini adalah penyerahan tahap pertama sertifikat PTSL tahun anggaran 2018. Ada 117 sertifikat tanah yang diserahkan pada tahap pertama kali ini. Sedangkan untuk penyerahan selanjutnya akan dilakukan dimasing-masing desa program PTSL,” katanya.

Humaidi menambahkan, keberhasilan program PTSL tidak terlepas dari peran serta dan kerjasama yang sinergi antara semua pihak. Mulai dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta masyarakat itu sendiri.

“Penyerahan sertifikat tanah kali ini adalah bukti bahwa BPN R.I selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”pungkasnya.

Editor : Nurul Arifin