4 Perawat dan Dokter Puskesmas Banyuwangi Positif Covid-19

oleh -

Banyuwangi – Empat perawat dan satu dokter di Puskesmas Licin, Banyuwangi, positif Covid-19. Akibatnya, layanan kesehatan di Puskesmas setempat ditutup untuk sementara waktu.

Penutupan Puskesmas berlaku sejak Jumat 27 November hingga 6 Desember 2020. Layanan hanya dibuka untuk pemeriksaan pasien di ruang unit gawat darurat.

Diduga para tenaga medis terpapar virus Corona setelah menangani pasien rawat inap yang memiliki riwayat perjalanan dari luar kota. Sebab, setelah dilakukan swab test pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19.
Sebelum kasus ini lima tenaga medis di Puskesmas Licin juga positif Covid-19, namun mereka sudah sembuh.

Sementara itu, Sumarsono, seorang perawat di RSUD Dokter Mohammad Saleh Probolinggo meninggal pada Sabtu (28/11) dini hari, setelah terinfeksi Covid-19.

Dia meninggal setelah dirawat di ruang isolasi khusus selama 8 hari. Perawat berusia 47 tahun ini diduga terpapar Covid-19 saat memberikan pelayanan kesehatan. Almarhum menjadi perawat ke-38 di Jawa Timur yang meninggal selama pandemi.

Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Timur Nursalam menyatakan jumlah perawat di Jawa Timur yang positif Covid-19 mencapai 1.635 orang. PPNI Jatim mencatat dalam kurun waktu sepekan ini jumlah perawat yang meninggal akibat Covid-19 sebanyak 5 orang.