36 Tim Bertanding dalam Kontes Mobil Hemat Energi 2020 di UI

oleh -
Ketua Pelaksana KMHE 2020 Muhamad Asvial

Jakarta – Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud menunjuk Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2020 pada 26 – 30 November 2020.

Pembukaan ajang KMHE dilakukan Kamis (26/11) secara daring, dihadiri Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Asep Sukmayadi, Dekan FTUI Hendri D.S. Budiono dan Ketua Pelaksana KMHE 2020 Muhamad Asvial.

Menurut Asvial, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seluruh rangkaian KMHE 2020 kali ini diselenggarakan dengan sistem daring. KMHE 2020 mengusung tema “Energi Untuk Negeri”, dengan total peserta yang berhasil masuk ke babak final 36 tim dari 27 universitas/ institut/ politeknik.

KMHE 2020 dibagi menjadi dua kategori, kategori Prototype dan Urban concept. Kategori Prototype merupakan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi, sedangkan Urban concept merupakan kendaraan roda empat yang penampilannya mirip mobil dan cocok dikendarai di jalanan.

“Sebelum terseleksi ke dalam babak final, tercatat jumlah pendaftar mencapai 110 tim dari 74 universitas/institut/ politeknik,” kata Asvial.

Wakil Rektor UI Prof. Haris mengatakan, UI berkomitmen mendorong mahasiswa mengembangkan karakter, minat bakat, kemampuan, serta potensi, baik hard skill maupun soft skill melalui beragam aktivitas dan kegiatan kemahasiswaan.

“Penyelenggaraan kompetisi kali ini, sejalan komitmen UI yang turut berupaya memberikan alternatif solusi bagi masalah energi nasional. Salah satunya dengan pengembangan kendaraan masa depan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Dalam pembukaan KMHE 2020, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep mengapresiasi dukungan UI sebagai tuan rumah pelaksanaan KMHE 2020 yang berhasil mengemas KMHE secara virtual. Asep mengajak mahasiswa untuk dapat memanfaatkan ajang ini sebagai wadah untuk mengembangkan.

Asvial menguraikan tentang teknis pelaksanaan babak final. Menurutnya, “Setiap tim yang lolos sebagai finalis wajib mengunggah file presentasi format powerpoint (file PDF) dan rekaman video presentasi maksimal 15 menit (minimal 720P/file MP4) di laman www.kmhe2020.ui.ac.id. Pada babak final KMHE 2020 terdapat dua macam presentasi, yaitu Presentasi Juara Kriteria dan Juara Umum (Kriteria Overall).

Presentasi Juara Kriteria akan dilaksanakan oleh setiap tim selama 30 menit yang terdiri dari 15 menit presentasi dan 15 menit tanya jawab, sedangkan Presentasi Juara Umum (Kriteria Overall) akan dilaksanakan oleh setiap tim selama 45 menit yang terdiri dari 20 menit presentasi dan 25 menit tanya jawab.”

Asvial mengatakan, finalis Juara Kriteria hanya akan mempresentasikan laporan desain kendaraan yang berkaitan dengan kriterianya saja. Materi yang harus disampaikan pada saat presentasi mencakup evaluasi dan analisis capaian sebelumnya, detail target yang ingin dicapai dilengkapi dengan alasannya, metode yang digunakan untuk mencapai target tersebut (lengkap dengan detail yang diperlukan), dan hasil pencapaian target dan pembahasannya.

“Pada presentasi finalis Juara Umum kurang lebih sama dengan Juara Kriteria. Hanya saja pada bagian detail target yang ingin dicapai dilengkapi dengan alasannya perlu menampilkan beberapa kriteria yang diunggulkan,” kata Asvial.

Selain presentasi final, KMHE 2020 juga menyelenggarakan lomba poster KMHE 2020. Lomba Poster KMHE 2020 hanya boleh diikuti oleh Tim Peserta yang telah mengupload Laporan Desain Kendaraan dan tidak lolos sebagai Finalis dalam KMHE 2020.

Format Poster adalah ukuran A1 dan dibuat dalam bentuk digital dengan format JPG atau PNG dengan ukuran maksimum 25 MB. Poster berisi tentang desain kendaraan dengan menitikberatkan pada salah satu dari 6 Kriteria KMHE 2020. File poster diupload pada laman www.kmhe2020.ui.ac.id, paling lambat tanggal 25 November 2020 pukul 23.59 WIB.