30 Menit Operasi Zebra di Jombang, Puluhan Pengendara Terjaring Razia

oleh -

JOMBANG – Puluhan kendaraan baik roda dua atau empat terjaring dalam razia operasi Zebra 2018 yang dilaksanakan oleh Satuan lalu lintas Polres Jombang di Simpang Empat Sambong, Jombang, Jawa Timur.

Pantauan di lokasi, razia yang dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga 10.30 WIB berhasil menjaring sebanyak 50 pengendara dengan berbagai pelanggaran lalu lintas.

“Pengendara yang terjaring rata-rata tidak mengenakan sabuk pengaman serta menerobos lampu merah,” ujar Kepala Satuan Lalulintas Polres Jombang Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana saat memimpin langsung razia, Rabu 31 Oktober 2018.

Pengendara yang melakukan pelanggaran akan langsung ditindak petugas menggunakan sistem tilang elektronik atau E-Tilang dan dapat segera melanjutkan perjalanan setelah melakukan pembayaran melalui Bank yang ditunjuk.

“Semua pelanggar baik dalam razia stasioner maupun razia hunting sistem kita tindak menggunakan sistem e tilang, dan mendapatkan surat tilang warna biru,”tegasnya.

Operasi Zebra 2018 dilaksanakan seluruh Polres jajaran. Operasi dilakukan selama 14 hari mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018.

Ada tujuh sasaran dalam Operasi Zebra 2018:
1. Pengemudi yang menggunakan atau memainkan HP saat berkendara
2. Pengemudi yang melawan arus
3. Pengemudi sepeda motor yang melebihi kapasitas (muatan orang)
4. Pengemudi di bawah umur
5. Pengemudi motor yang tidak menggunakan helm dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt
6. Pengemudi yang menggunakan narkoba dan mabuk
7. Pengemudi yang melebihi batas kecepatan

Editor: Ahmad Saefullah