226 Desa di Sumenep Ikuti Pilkades Serentak Tahun Ini

oleh -
ilustrasi
ilustrasi

SUMENEP– Sebanyak 226 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menjalani pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun ini.

Ke 226 desa yang akan Pilkades serentak tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang habis masa jabatannya. Mulai dari daratan hingga kepulauan. “Ada 226 desa akan melakukan Pilkades serentak di tahun ini, ada 4 desa yang akan diganti pejabat ASN” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Ahmad Masuni.

Untuk jadwal tetap, DPMD masih akan melakukan koordinasi dengan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep dan kepada dinas terkait.

Adapun 4 desa yang bakal diganti pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni masing-masing Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Desa Andulang, Kecamatan Gapura, Desa Lalangon, Kecamatan Manding, dan Desa Pordapor, Kecamatan Guluk-guluk.

4 desa tersebut ada yang kepala desanya meninggal dunia dan ada pula yang mengundurkan diri. “Desa Pordapor itu kadesnya mengundurkan diri karena nyaleg DPRD Sumenep,” terangnya.

Sementara mengenai para calon penanggungjawab (Pj) kepala desa, sambung Masuni, sejauh ini berasal dari Aparatur Sipil Negara, atau DPMD menerima usulan dari kecamatan.

“Nama calon pejabat baru di 4 desa itu masih menunggu dari pimpinan yang lebih tinggi. Dan Pj ini akan menjabat sampai terpilihnya kepala desa definitif atau sampai Pilkades serentak 2019,” tandasnya.

Editor : Nurul Arifin