22 TPS di Jombang Lakukan Penghitungan Ulang

oleh -

JOMBANG – Sebanyak 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Jombang terpaksa harus menghitung ulang hasil perolehan suara Pemilu 2019. 

Proses penghitungan ulang tersebut dilakukan lantaran ada dugaan kesalahan yang dilakukan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Kesalahan para petugas yakni terjadi dalam pencatatan hasil perolehan suara pada form C1, sehingga ada selisih antara jumlah kehadiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan hasil suara yang dicatat petugas KPPS. 

“Terdapat 22 TPS yang direkomendasikan untuk penghitungan ulang, karena ada kesalahan pada input data yang ditulis oleh petugas KPPS,” tutur David Budianto, Anggota Bawaslu Jombang, Selasa (22/04/2019).

Lebih lanjut David menegaskan, TPS yang harus dilakukan penghitungan ulang tersebut tersebar di 9 Kecamatan. Para petugas di TPS yang bermasalah ini terpaksa harus membuka kotak dan surat suara yang telah tersegel untuk proses penghitungan ulang.

“Ini dikarenakan adanya temuan surat suara yang dicoblos pada kotak partai dan nama caleg,namun oleh petugas KPPS, suara itu dihitung 2 suara. Proses penghitungan ulang pun dilakukan di hadapan saksi, petugas panwas dan petugas keamanan lainnya,” imbuhnya. 

Proses penghitungan ulang ini dilakukan oleh petugas di tingkat Desa. Namun, pelaksanaannya dilakukan di Kecamatan masing-masing. 

“Perbaikan ini akan tercatat di berita acara rekap tingkat Desa. Selanjutnya, petugas akan melampirkan formulir keterangan kejadian khusus,” pungkasnya. 

Editor:  Rusmiyanto