UPN Veteran Jawa Timur Wujudkan OPOP bersama Ponpes di Jombang Melalui Program Abdimas Pikat

oleh -

Pesantren merupakan lembaga pendidikan agama tertua di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, pesantren diharapkan terus melakukan inovasi Iptek demi mewujudkan kemandirian pesantren terutama dalam bidang ekonomi.


Pondok pesantren dewasa ini telah berpartisipasi dalam mendukung santrinya untuk mengembangkan IPTEK. Salah satunya adalah dengan menggunakan internet di dalam pondok. Dukungan infrastruktur jaringan komputer di Pondok Pesantren sangat memicu untuk dikembangkannya keterampilan kepada santri. Salah satunya dengan membekali santri dalam kemampuan entrepreneur.

Salah satunya dengan memproduksi batik sains dalam kegiatan ekstrakuliker di dalam pondok pesantren, yang diharapkan dapat menjadi ciri khas batik daerah Jombang. Ide desain batik akan diambil dengan cara mengkombinasi sains modern dalam ayat-ayat al-qur’an.


Program Pemanfaatan Ipteks Bagi Masyarakat dengan tema Batik Sains Pesantren Mandiri telah dilakukan di Pondok Pesantren Babussalam Jombang, telah dilaksanakan pada Sabtu tanggal 3 Juli 2021. Karena pelaksanaan pengabdian dilaksanakan di tengah suasana pandemi COVID-19, penerapan prokes sangat ketat dan disiplin. Peserta pelatihan diukur suhu tubuhnya, dibagikan masker, faceshield dan diberikan hand sanitizer sebelum memasuki ruang acara.


Penggagas program pengabdian ini adalah lima orang dosen Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jawa Timur yang diketuai oleh Euis Nurul Hidayah, S.T, M.T, Ph.D. dan dibantu oleh empat orang mahasiwa yaitu Nurul, Nanda, Afandi, dan Tomy. Pelatihan pembuatan Desain Batik Menggunakan CorelDraw dipandu oleh Bu Dr. Nur Aini Fauziyah, S.Pd., M.Si. dan dilanjutkan Pelatihan Pembuatan Desain BlogSpot oleh Bu Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si. dari UPN “Veteran” Jawa Timur. Kedua Pelatihan diikuti oleh santriwan-santriwati Pondok Pesantren Babussalam sejumlah 40 orang. Mereka sangat antusias mengikuti rangkaian acara pelatihan hingga selesai. Kegiatan pelatihan disambut langsung oleh Dewan Pengasuh Pondok Pesantren. Acara berjalan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.


“Tujuan utama Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh UPN Veteran Jawa Timur agar terjalin silaturahim antara pihak kampus dengan pondok pesantren di Jombang. Hal ini demi mewujudkan cita-cita besar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang mengatakan, program One Pesantren One Product (OPOP) akan menjadi salah satu pilar kuat dalam perekonomian jawa timur. Mulai dari kategori top 10 halal food, muslim friendly travel, fashion, finance maupun kosmetik dan obat-obatan,” Kata Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si. selaku Dosen Teknik Mesin UPN Veteran Jawa Timur.

“Pondok Pesantren Babussalam menyambut baik kedatangan UPN Veteran Jawa Timur. Dan berharap para santri nantinya mendapatkan ilmu serta ketrampilan entrepreneur, sehingga mampu menjawab tantangan kemajuan zaman saat ini. Kemajuan Teknologi sudah tidak bisa dihindari lagi. Sehingga para santri harus mampu membekali diri selain ilmu agama juga ilmu Teknologi dan Informasi,” Kata KH. Muhadjirin Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam Kalibening, Mojoagung, Jombang.

Selain itu, kegiatan pelatihan ini juga dibantu oleh Radissa Dzaky Issafira, S.T., M.Sc dan Syahrul Munir, S.T., M.T. Mereka juga mengisi acara Ice Breaking untuk mengusir kejenuhan santriwan-santriwati selama pelaksanaan pelatihan dari pagi hingga sore hari.

“Pelatihan Desain membatik ini kemudian dipetakan untuk menyusun langkah pembinaan OPOP di Pondok Pesantren Babussalam yang akan dipikirkan mulai dari SDM, kualitas produk, pembiayaan dan pemasaran,” ujar Kusuma.

No More Posts Available.

No more pages to load.