Borong Juara, Barunastra ITS Harumkan Nama Bangsa di Kejuaraan Dunia

oleh -

SURABAYA – Kabar gembira kembali bergaung dari ranah Robotika ITS. Pasalnya, pada Senin, 28 Juni 2021, Barunastra ITS kembali membuktikan diri sebagai salah satu tim kapal robotik atau roboboat terbaik di dunia.

Hal itu terlihat dalam gelaran acara International Roboboat Competition (IRC) yang diadakan oleh RoboNation, suatu lembaga yang berfokus pada pengembangan teknologi robotik dan berbasis di Amerika Serikat.

Puncak perhelatan digelar mulai pukul 00.00-03.00 WIB waktu setempat secara daring. Pada malam penghargaan tersebut, Barunastra ITS mengukuhkan kemenangannya sebagai Juara 1 pada kategori Skills Video (Hull Design), Juara 1 pada kategori Website, dan Juara 2 pada kategori Technical Design Report.

International Roboboat Competition 2021 diikuti oleh 14 tim yang berasal dari berbagai negara. Keberadaan pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat anggota tim untuk terus berinovasi. Persiapan dan pematangan konsep mekanik, elektrik, serta kecerdasan buatan pada kapal telah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Walaupun output kompetisi pada tahun ini bukan berupa prototipe roboboat secara fisik, tim Barunastra tetap mengadakan upgrading serta monitoring secara berkala setiap minggunya.

Tak lupa, setiap pembaharuan yang dilakukan pun dikomunikasikan dengan dosen pembimbing guna mendapatkan hasil yang terbaik.

Dalam gelaran tahun ini, Barunastra ITS memperkenalkan konsep prototipe roboboat teranyarnya yang dijuluki Nala Poseidon. Pada kompetisi tahun ini, terdapat tiga output final yang harus dilombakan, yaitu Technical Design Report, Skills Video, dan Website.

Tim Barunastra ITS diwajibkan untuk mengimplementasikan teknologi yang tepat agar Nala Poseidon mampu menyelesaikan misi yang telah diberikan. Ada total enam misi yang harus dijalankan Nala Poseidon, yaitu Mandatory Navigation Channel, Speed Gate, Obstacle Channel, Obstacle Field, Acoustic Docking, dan yang terakhir Object Delivery.

Tiap misi yang dijalankan merupakan pemodelan dari masalah nyata yang terjadi sehari-hari. Melalui Technical Design Report dan Skills Video, tim Barunastra ITS harus mampu menjelaskan strateginya dalam menjalankan setiap misi disertai dengan inovasi teknologi yang diimplementasikan untuk mendukung performa serta manuver kapal dalam menjalankan misi tersebut.

Kemenangan ini tak lantas membuat tim cepat berpuas diri. Ke depannya, Barunastra ITS bertekad untuk mempertahankan prestasi dan meningkatkan kualitas serta performa kapal-kapal selanjutnya untuk berbagai kompetisi mendatang, baik dalam kancah nasional maupun internasional.

Barunastra ITS optimis bahwa riset yang mendalam disertai dengan kinerja tim yang baik akan membuka banyak kesempatan bagi tim ini. Barunastra ITS akan selalu mengasah kemampuan dan memperbaharui segala aspek pada roboboat guna mengokohkan posisinya sebagai salah satu tim robotik terbaik di dunia.

No More Posts Available.

No more pages to load.