Warga Sumenep Mengeluh Dilanda Kekeringan, BPBD: Dropping Air Kalau Ada Surat

oleh -

SUMENEP: Warga dibeberapa daerah di Kabupaten Sumenep mengeluhkan kesulitan air saat musim kemarau, salah satunya di Kecamatan Ganding. Warga kesulitan air untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk MCK dan mengairi lahan persawahan.

“Terkadang kami ingin mengeluh kepada pemerintah, berharap pemerintah melakukan dropping air untuk kami. Dimasa pandemi seperti ini kami tidak inginkan air untuk kebutuhan sehari-hari harus dibeli. Cukup untuk mengairi tanaman di sawah saja yang harus beli,”Ujar Anam (56) salah satu warga kepada kabarjatim.com. Kamis, 27 Mei 2021.

Menurut Anam, pemerintah sebenarnya cukup melakukan pengeboran di daerah atau di titik-titik yang biasanya terjadi kekeringan. Supaya bencana kekeringan ini tidak selalu menjadi agenda tahunan.

“Kalau dilakukan pengeboran di lokasi-lokasi yang biasanya mengalami kekeringan, otomatis masyarakat sekitar akan berkecukupan air. Apalagi semisal di sumur bornya itu airnya menghasilkan cukup banyak air, kan bisa mengairi sawah juga,” tegasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep mencatat terdapat sebelas desa di kawasan daratan dan Pulau Talango yang saat ini telah merasakan kekeringan.

“Ada sebelas desa yang sudah kami catat mengalami kekeringan. Sebelas desa itu ada di wilayah daratan,” kata Kepala BPBD Sumenep, Abdur Rahman Riadi.

Untuk mengatasi kekeringan di desa-desa tersebut, pemerintah kata Rahman hanya menganggarkan untuk dropping air. Proses dropping air itu juga harus bersurat dengan diketahui camat setempat.

“Untuk dropping air prosesnya harus bersurat ke kami, surat tersebut juga akan kami laporkan ke pak bupati, baru kami akan melakukan dropping air ke desa yang bersangkutan,” jelasnya.

Sementara saat ini kata Rahman, sudah ada beberapa desa yang mengajukan dropping air. “Saya lupa ada berapa surat permohonan dropping air yang masuk ke BPBD, tapi yang jelas sudah ada yang mengajukan,” tandasnya. NOE

No More Posts Available.

No more pages to load.