Langgar Protokol Kesehatan Covid-19, Habib Rizieq Divonis 8 Bulan Penjara

oleh -

JAKARTA – Mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab divonis bersalah dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan saat peringatan Maulid Nabi serta pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis 8 bulan penjara kepada Habib Rizieq dan lima mantan pimpinan FPI lainnya. Yaitu Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al-Habsyi dan Maman Suryadi.

“Dalam pelaksanaan kedua acara itu tidak ada jaga jarak 1,5 meter dan penerapan Prokes tidak ketat. Tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan sesuai UU No 6/2018. Jadi semua unsur pidana terpenuhi,” ujar Hakim Ketua Suparman Nyompa, Kamis (27/5/2021).

Hal ini, menurut majelis hakim, turut menyebabkan meningkatnya kedaruratan kesehatan masyarakat akibat Covid-19 di DKI Jakarta.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut Habib Rizieq pidana 2 tahun penjara. Sedangkan lima mantan pimpinan FPI sebelumnya dituntut masing-masing 1 tahun 6 bulan penjara dengan pengurangan masa tahanan.

Sementara dalam kasus kerumunan massa di Megamendung, Bogor, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam persidangan berbeda, menjatuhkan vonis denda Rp20 juta subsider 5 bulan penjara ke Habib Rizieq Shihab.

No More Posts Available.

No more pages to load.