Bantu STIE Mandala Berubah Jadi Institut, Rektor Unej Tak Lupakan Sejarah

oleh -

Jember – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember segera berubah menjadi Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember. Diperlukan proses panjang dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Untuk itu, Universitas Jember (Unej) bakal membantu STIE Mandala. Komitmen ini disampaikan Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, saat bertemu Ketua STIE Mandala, Suwignyo Widagdo, dalam diskusi sekaligus penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) di ruang kerja Rektor Universitas Jember (27/5).

“Penandatanganan MoU hari ini mempertegas kembali jalinan kerjasama yang sudah ada. Apalagi jika ditilik dari sisi kesejarahan, berdirinya STIE Mandala yang awalnya bernama ABM Mandala juga dibantu para dosen Universitas Jember khususnya para dosen dari Fakultas Ekonomi kala itu,” ujar Iwan Taruna.

Bantuan yang akan diberikan Unej di antaranya pendampingan dalam pendirian program studi baru, peningkatan kualitas dosen melalui studi jenjang Pascasarjana dan bentuk kerjasama lainnya.

Menurut Iwan Taruna, pendidikan tinggi adalah tanggung jawab semua pihak termasuk di dalamnya ada peran serta aktif dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pasalnya tidak mungkin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang jumlahnya di Indonesia terbatas akan mampu menampung semua lulusan SMA sederajat.

Oleh karena itu menjadi salah satu tugas PTN untuk bersinergi dengan PTS agar kapasitasnya makin berkembang sehingga makin banyak anak bangsa yang berkesempatan menuntut ilmu di bangku kuliah perguruan tinggi.
Dalam kunjungannya ke Kampus Unej, Suwignyo Widagdo didampingi para wakilnya, di antaranya Wakil Ketua I, Agustin HP dan Wakil Ketua II Yuniorita Indah. Mereka diterima oleh Rektor Universitas Jember yang didampingi oleh Wakil Rektor II, Sri Hernawati dan Wakil Rektor III, Prof. Bambang Kuswandi.

Suwignyo menjelaskan, pihaknya kini tengah terus mematangkan persiapan perubahan status STIE Mandala menjadi Institut Teknologi dan Sains Mandala. Di antaranya dengan menambah dua program studi di lingkup teknologi informasi dan komunikasi yang akan fokus kepada sistem informasi manajemen.

“Oleh karena itu kami bermaksud memperbaharui jalinan kerjasama dengan Universitas Jember, sehingga nanti akan ada kerjasama semisal pendampingan dalam rangka pembentukan dua program studi baru yang akan fokus pada sistem informasi manajemen, mengingat Universitas Jember sudah memiliki Fakultas Ilmu Komputer. Kami juga mengirimkan dosen untuk studi S2 dan S3 di Kampus Tegalboto,” tuturnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.