Polres Sumenep Lakukan Penyekatan di Jalur Laut dan Darat

oleh -

SUMENEP: Kepolisian Resort Sumenep, Jawa Timur, mulai memberlakukan penyekatan arus mudik lebaran tahun 2021. Penyekatan tersebut langsung dilakukan di jalur darat dan laut.

Dari Data yang berhasil dihimpun kabarjatim.com, Beberapa titik yang akan dilakukan penyekatan yakni di perbatasan Sumenep dengan Pamekasan sisi selatan atau di Kecamatan Pragaan, perbatasan Sumenep Pamekasan sisi tengah atau di Kecamatan Guluk-guluk dan perbatasan Sumenep dengan Pamekasan sisi utara atau di Kecamatan Pasongsongan.

Selain di darat, polisi juga akan melakukan penyekatan pemudik jalur laut, diantaranya di Pelabuhan Kalianget, Kecamatan Kaliangat. Penyekatan tersebut dilakukan setelah pemerintah melarang para pemudik tahun 2021.

“Kami perketat di situ untuk mengantisipasi pemudik yang masuk ke Sumenep,” kata Kapolres Sumenep AKBP Darman.

Dalam proses penyekatan itu kata Darman, kendaraan berpelat luar daerah akan dihentikan dan akan diperiksa. Baik itu bus antarkota atau provinsi maupun mobil-mobil pribadi. “Kita periksa semua, karena dikawatirkan mobil-mobil pribadi ini digunakan untuk kepentingan mudik Lebaran,” jelasnya.

Selain ketatnya penjagaan tersebut, di seluruh pos pantau itu akan dilengkapi  alat pendeteksi virus corona. Selain melalui rapid test antigen, juga disiapkan genose agar pemeriksaan bisa maksimal.

“Di perbatasan itu akan dilengkapi dengan genose. Biayanya cuma Rp 10.000 yang nantinya akan dibebankan kepada pengendara,” ucapnya.

Sedangkan petugas yang berjaga di pos pantau perbatasan Sumenep-Pamekasan tersebut sebanyak 22 orang, terdiri dari aparat kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol PP, dan BPBD.

Dia juga memastikan bahwa mulai tanggal 6 Mei mendatang, akan dilakukan penutupan mulai dari Kabupaten Bangkalan, sehingga kendaraan luar tidak diizinkan masuk. “Hanya se-rayon Madura yang boleh melakukan pergerakan,” tandasnya.

Adapun larangan mudik lebaran tahun 2021 ini secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah mulai tanggal 22 April 2021 sampai tanggal 24 Mei 2021. Waktu larangan mudik tersebut berubah dari yang semula hanya dilakukan pada 6-12 Mei 2021. NOE

No More Posts Available.

No more pages to load.