Jelang Ramadhan, Stok dan Harga Bahan Pokok di Sumenep Dipastikan Stabil

oleh -

SUMENEP: Menjelang bulan suci Ramadhan, stok dan harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terpantau normal. Bahkan pemerintah setempat mengklaim jika stok dan harga dipastikan stabil alias tidak ada kenaikan harga.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Ardiansyah Ali Shohibi, mengatakan jika stok dan harga bahan pokok untuk wilayah Sumenep saat ini sudah mulai stabil. Artinya, meski jelang Ramadhan, bahan pokok dipastikan aman.

“Jadi situasi harga saat ini untuk bahan pokok menjelang puasa dan lebaran dalam kondisi stok cukup. Lalu dalam harga secara rata-rata masih dalam kondisi stabil,” katanya.

Pemantauan harga bahan pokok, menurut Ardi, rutin dilakukan di dua pasar, yaitu Pasar Bangkal dan Pasar Anom. Dari hasil pemantauan itu, beberapa bahan pokok seperti beras masih dalam kondisi yang stabil. Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi panen raya dari para petani.

Untuk daging sapi pun tidak mengalami peningkatan yang berarti. Sejak awal tahun hingga sekarang kondisinya masih tetap stabil.

Kendati begitu, terdapat fluktuasi harga pada komoditas cabai rawit merah. Bahkan pada pertengahan Maret lalu harganya menyentuh Rp.120 ribu perkilogram. “Namun di akhir bulan Maret ini harga cabai rawit merah sudah mulai menunjukkan penurunan,” jelasnya.

Sedangkan upaya dalam menekan angka fluktuatif bahan pokok tersebut kata Ardi, telah disiapkan. Salah satunya adalah program pasar murah yang biasa digelar setiap Bulan Ramadhan.

“Pasar murah ini kami targetkan untuk menstabilkan harga. Sejauh ini kami sudah mengajukan, cuma informasi pelaksanaannya belum dapat dipastikan,” tandasnya. NOE

No More Posts Available.

No more pages to load.