Ansor Jombang Siagakan Posko Bencana 24 Jam Untuk Antisipasi Bencana

oleh -

JOMBANG: Gerakan Pemuda Ansor (GP-Ansor) Kabupaten Jombang mengintruksikan kepada seluruh kadernya untuk Mensiagkan Posko Bencana Alam dan Beroprasi selama 24 jam, hal ini dikarenakan tingginya curah hujan yang terjadi di Kabupaten Jombang.

“Kami mendirikan posko  itu dengan melibatkan kader ansor dan Banser dan relawan dengan cara piket bergiliran,” kata H. Zulfikar Damam Ikhwanto selaku ketua PC GP Ansor Jombang di sela-sela pemberian bantuan sosial untuk warga terdampak banjir di Desa Banjaragung, Bareng. Kamis 4 Februari 2021.

Ia menambahkan, pentingnya pengoptimalan posko utama selama 24 jam itu guna percepatan penyelamatan dan evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Beberapa wilayah yang rutin terdampak Banjir, telah melaporkan pendirian Posko Bencana Ansor Jombang hadir seperti di kecamatan Mojowarno, Bareng, Mojoagung, Ploso, Perak dan beberapa wilayah lain.

“Kami minta petugas dan relawan di posko utama dapat mempersiapkan peralatan evakuasi dengan kondisi baik dan bisa dioperasikan,” ujarnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risiko kebencanaan.Berdasarkan laporan BMKG diprakirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari dan Februari 2021 sehingga berpeluang menimbulkan banjir dan longsor.

“Kami telah menyampaikan surat imbauan untuk kewaspadaan kepada pimpinan anak cabang dan ranting di seluruh kecamatan, desa dan kelurahan di Kabupaten Jombang yang rawan bencana alam agar meningkatkan kesiapsiagaan,”Pungkasnya. NOE

No More Posts Available.

No more pages to load.